• BPJS Kesehatan Pastikan Kenyaman Bagi Peserta JKN-KIS Saat Mudik Lebaran

    Kepala BPJS Kesahatan Cabang Bima, Elly Widiani saat menyampaikan pemaparan Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan saat safari ramadhan Kedeputian Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Bali NTT dan NTB di Kota Bima, Senin (4/6/2018). 
    Kota Bima, Zona Rakyat.-BPJS Kesehatan Cabang Bima memastikan akan memberikan pelayanan yang prima bagi peserta JKN-KIS. Apalagi pelayanan saat mereka mudik lebaran, seperti layanan pada tahun-tahun sebelumnya.
    Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Elly Widiani saat safari Ramadhan Kedeputian BPJS Kesehatan Wilayah Bali NTT dan NTB yang pada tahun 2018 dipusatkan di Kota Bima, Rabu (6/6/2018).
    Dijelaskan Elli, momen mudik lebaran sebentar  lagi akan dihadapi para pemudik. Mereka akan banyak melakukan pergerakan, ada yang ke luar daerah dan ada juga yang masuk ke Bima.
    Oleh karena itu, konsep mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan tahun ini, untuk memastikan
    pemudik nyaman dalam melaksanakan mudik dan mendapat Jaminan serta akses kesehatan kemanapun saat membutuhkan pelayanan.
    "Mereka juga akan nyaman dan mudah mendapatkan informasi apapun saat melaksanakan mudik. Apalagi pemerintah sudah menetapkan cuti bersama selama 12 hari," ujarnya.
    Suasana safari ramadhan Kedeputian BPJS Wilayah Bali NTT dan NTB di Kota Bima, Rabu (6/6/2018).
    Menurut Elly, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh peserta JKN-KIS yang akan melaksanakan mudik yakni perlakuan pelayanan kesehatan dimulai delapan hari sebelum dan delapan hari setelah lebaran. Peserta JKN-KIS yang memperoleh pelayanan, bisa mencari Puskesmas sekurang kurangnya tiga kali kunjungan di luar wilayah. 
    Selain itu, apabila faskes tingkat pertama tidak ada, peserta disilahkan mencari IGD terdekat untuk mendapat pelayanan kesehatan. Pada keadaan kegawatdaruratan, seluruh faskes bisa didatangi. Baik yang bekerjasama maupun tidak dengan BPJS Kesehatan. 
    "Bagi peserta JKN-KIS yang mengidap penyakit kronis, yang membutuhkan obat kronis tiap bulan, disilahkan untuk mengambil obat lebih awal sebelum mudik. Teknisnya masyarakat jika mau mudik, cari dokter terdekat untuk minta obat kronis sebelum obatnya habis," jelas Elly.
    Dihadapan Deputi Direksi Wilayah Bali NTT dan NTB dan Direktur SDM dan Umum, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima menjelaskan, selama libur lebaran, kantor BPJS Kesehatan Cabang Bima tetap dibuka dari pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Bahkan menurutnya, ada pelayanan khusus dari tgl 11 hingga 14 Juni dan tanggal 18 hingga 20 Juni.
    Ia mengimbau peserta JKN-KIS, untuk disiplin membayar iuran. Kemudian saat mudik, diharapkan semua peserta JKN KIS kartunya aktif, supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.
    "Kalau kemana-mana jangan lupa bawa kartu JKN-KIS dan pastikan kartunya aktif," pintanya.
    Ditambahkan Elly, saat ini BPJS Kesehatan telah mengeluarkan aplikasi mudik. Beragam kanal informasi yang juga sudah diluncurkan. Mulai dari aplikasi pengaduan dan juga Mobile JKN.
    "Kami ingin pastikan, peserta JKN-KIS mendapat kemudahan termasuk bagi pengguna kartu JKN-KIS digital. Peserta dapat mendonloud melalui playstore untuk mendapatkan berbagai informasi yang sangat membantu apalagi saat melakukan mudik lebaran. 
    Pada kesempatan itu, Elly juga meminta Deputi Direksi Wilayah Bali NTT dan NTB dan Direktur SDM dan Umum menunjukkan kartu BPJS digital melalui androidnya. (ZR.03)