• Bank NTB dan Pemkot Bima Teken MoU Transaksi Nontunai

    Teken MoU: Walikota Bima HM Qurais H Abidin menandatangani MoU Transaksi Nontunai dengan Direktur Pemasaran Bank NTB Drs Sinardi saat ramah tamah perayaan HUT Kota Bima ke-16 di halaman Pemkot Bima, Selasa (10/4).
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Bank NTB bersama Pemerintah Kota Bima bekerja sama dan berkomitmen menggalakkan transaksi nontunai. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Bima dengan PT Bank NTB.
    Penandatanganan tersebut dilakukan usai upacara HUT Kota Bima saat ramah tamah dan peresmian juga louncing buku  “Qurais H Abidin Menolak Menyerah”, Selasa (10/4). Disaksikan oleh Sekda Provinsi NTB Ir H Rosiady, Anggota DPR RI HM Syafruddin ST MM, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Sudirman DJ SH dan perwakilan Kapolda NTB.
    Direktur Pemasaran Bank NTB Drs Sinardi menjelaskan, penandatanganan MoU tersebut dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Nontunai di dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah Kota Bima.  Gerakan ini telah dicanangkan oleh Bank Indonesia tahun 2014 lalu dan ditegaskan kembali oleh Mendagri melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 910/1867/SJ tgl 17 april 2017 tentang implementasi transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah kabupaten/ kota.
    “Penandatanganan MoU Bank NTB dan Pemkot Bima ini merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-16,” katanya.
    Dirinya berharap, kerja sama ini akan terus berlanjut dan membawa dampak positif kedepannya baik bagi Bank NTB maupun Pemerintah Kota Bima. 
    Menurut Sinardi, tujuan dari Pelaksanaan MoU ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan daerah. khususnya dalam rangka penerapan transaksi nontunai di dalam pengelolaan keuangan Pemkot Bima. Baik dalam lingkup kegiatan pengeluaran atau belanja, maupun penerimaan daerah melalui layanan dan produk PT Bank NTB.
    Ditambahkannya, bagi PT Bank NTB, pelaksanaan kerjasama tersebut merupakan bentuk kepercayaan dari pemerintah daerah terhadap PT Bank NTB. Kedepan Bank NTB akan terus berkomitmen dalam mendukung program-program kerjasama strategis lainnya dengan pemerintah daerah.
    “Perwujudan komitmen bersama ini merupakan salah satu cerminan dari perwujudan visi dan misi PT Bank NTB untuk menyediakan produk perbankan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan nasabah. Apalagi Bank NTB adalah banknya masyarakat NTB,” ungkap Sinardi.
    Adanya komitmen kerjasama yang dibangun, secara konsisten dan berkesinambungan akan dilaksanakan oleh PT Bank NTB. Akan mampu mendorong dan memacu perekonomian di Kota Bima serta NTB pada umumnya.
    PT Bank NTB kata dia akan terus membangun komitmen bersama dengan lembaga atau instansi pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam mewujudkan layanan prima produk-produk jasa perbankan. 
    “Kita akan terus menjajaki perluasan kerja sama strategis lainnya dengan senantiasa mengedepankan penyediaan dan pemanfaatan jasa perbankan yang ada di Bank NTB,” imbuhnya.


    Sementara Pinsub Divisi JPL Bank NTB HM Junaidi menambahkan, dalam MoU tersebut, ada layanan dan produk PT Bank NTB non tunai yang disiapkan antara lain melalui Cash Management System (CMS) Kas Daerah maupun Bendahara dan CMS Corporate. Layanan dan produknya seperti ATM/Debit Bendahara dan Electronic Data Capture (EDC). Selain itu juga layanan Mobile Banking, Jasa Payroll Package (JPP), E-Samsat, Autodebet dan Laku Pandai maupun layanan lainnya. 
    “Ini akan sangat membantu mewujudkan Kota Bima dalam menerapkan transaksi nontunai,” ujarnya.
    HM Junaidin berharap, melalui seluruh instrumen produk layanan Bank NTB, kebutuhan atas pengelolaan keuangan dan investasi yang ada di pemerintah daerah, semaksimal mungkin dapat diakomodir oleh PT Bank NTB. Sehingga harapan bersama untuk mewujudkan gerakan nasional nontunai dapat terealisasi secara baik dan maksimal.
    Selama ini diakuinya, peran PT Bank NTB dalam menyokong peningkatan perekonomian masyarakat terus ditingkatkan. Bahkan dalam kegiatan-kegiatan pemerintah daerah, bank milik masyarakat NTB ini terus ambil bagian dalam mensukseskannya. 
    “Seperti pada momen HUT Kota Bima ini, peran PT Bank NTB menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sehingga peran serta PT Bank NTB sebagai agen pembangunan dan perekonomian daerah di NTB dapat semakin dirasakan. Tidak saja oleh pemerintah tetapi juga masyarakat,” tutupnya. (ZR.02)