• Polres Bima Tes Urine Supir di Bandara

    Kegiatan tes urine yang dilaksanakan Polres Bima di halaman Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

    Bima, Zona Rakyat.-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bima, melaksanakan kegiatan tes urine di halaman Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Sabtu (9/6/2018). Sasarannya, pengendara dan supir angkutan umum di bandara.

    Kasat Lantas Polres Bima, IPTU Gde Putu Caka SIK mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan tes urin dilaksanakan di dua tempat, yakni di terminal Tente dan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.
    “Kami juga memeriksa di tempat-tempat pengendara atau pengguna jalan beristrahat,” jelasnya, Minggu (10/6).
    Pelaksanaan tes kesehatan bagi  pengendara tersebut kata Caka, melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas dan Rumah Sakit Sondosia Sila, BNN Bima juga Jasa Raharja.
    Dilanjutkannya, tujuan tes urine tersebut adalah untuk kelancaran pengguna kendaraan di jalan yang melintas di wilayah hukum Polres Bima. Mengingat saat ini, banyak pengendara yang hendak melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri.
    “Ini langkah kita untuk meminimanilisir kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Bima. Khususnya jelang arus mudik lebaran. Kita tidak ingin sopir mengemudikan kendaraan dalam kondisi tidak enak badan ataupun sakit, karena sangat berbahaya bagi dirinya dan penumpang lainnya,” jelasnya.
    Caka juga meminta para sopir, untuk menjaga kesehatan dalam berkendara. Karena jelang arus mudik para sopir dituntut bekerja ekstra dalam melayani penumpangnya. 

    "Dibutuhkan  fisik yang prima, agar selamat dalam perjalanan,” ingatnya.
    Dirinya juga mengimbau agar sopir beristirahat jika dalam kondisi kelelahan atau mengantuk dalam perjalanan. 
    Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan tekanan darah, urine, gula darah, asam urat dan tes kesehatan lain.
    Dalam pemeriksaan tersebut, semua pengendara dinyatakan sehat dan bebas dari obat-obatan terlarang. “Alhamdulillah semuanya sehat dan tidak ada yang dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba,” pungkasnya. (ZR.04)