• Lokakarya Replikasi SID Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

    Lokakarya Replikasi Sistem Informasi Desa (SID) Kabupaten Bima, Jumat (23/8) di Gedung PKK Bima.
    Bima, Zona Rakyat.-Lokakarya Replikasi Sistem Informasi Desa (SID) Kabupaten Bima, Jumat (23/8) di Gedung PKK Bima. Kegiatan tersebut didukung oleh Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Bima dan menghasilkan sejumlah rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL), guna menjamin keberlanjutan sejumlah rencana yang telah disusun para pegiat SID.
    Koordinator KOMPAK Bima Asrullah mengatakan, para pegiat SID yang mengikuti lokakarya telah membahas kepastian operator SID pada 94 desa yang terlibat, dengan mengalokasikan anggaran Bimtek Operator SID Tahun 2019. 
    Para pegiat SID juga menyepakati pelaksanaan Bimbingan Teknis SID yang bersumber dari dana APBDes. "Para peserta sepakat untuk bersama-sama mendorong Pemerintah desa untuk menganggarkan kegiatan SID bagi seluruh Desa se-Kabupaten Bima pada tahun anggaran 2020 dan pengoperasian secara online aplikasi SID pada 191 desa yang ada," jelasnya.
    Menurut Asrullah, diperlukan perjanjian kerjasama (PKS) pemanfaatan data kependudukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan peningkatan koordinasi SID untuk menunjang tahapan verifikasi dan validasi Basis Data. Disamping pembentukan Forum Sistem Informasi Desa (FORSID), para peserta lokakarya menginisiasi peluncuran (launching) SID dan website (dashboard) kecamatan serta pelaksanaan lokakarya replikasi SID pada 94 desa yang belum mengikuti kegiatan.
    Selain membahas rencana tindak lanjut kegiatan, para peserta juga menelaah rancangan Peraturan Bupati Bima tentang Sistem Informasi Desa (SID) yang ditujukan sebagai acuan dalam tata kelola informasi di tingkat desa yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk intervensi program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan dan sejumlah masalah sosial lainnya mulai dari tingkat desa Kecamatan maupun perangkat daerah. (ZR.06)