• Dinas Perindag Bekali IKM Pangan dengan Teknis Manajemen

    Foto bersama saat kegiatan Bimbingan Teknis yang digelar Dinas Perindag Kabupaten Bima,  
    Bima, Zona Rakyat.-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima melalui bidang perindustrian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Usaha bagi 30 Industri Kecil Mikro (IKM) pangan yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bima. Bimtek tersebut berlangsung selama 3 hari tanggal 22 hingga 24 Agustus 2019 di Hotel La Ila Kota Bima.

    Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Bima Juraidin ST, MT mengatakan, Bimtek ditujukan untuk mendukung perkembangan dan kemajuan IKM Pangan agar mampu bersaing dengan IKM daerah lainnya. 

    "Kita harapkan Bimtek IKM ini dapat memperkaya wawasan, pengetahuan dan keterampilan pengelola IKM pangan khususnya aspek manajemen usaha yang baik," harap alumni S2 Teknologi Industri Unhas Makassar ini.

    Juraidin juga berharap, pendampingan selama tiga hari tersebut dapat memberikan motivasi kepada para pelaku IKM pangan untuk terus meningkatkan produk dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan.
    Guna membekali para peserta, Dinas Perindag menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten yakni Agus Salim MSi (Bappeda) tentang Kebijakan Perencanaan Industri Dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah, Nur Hidayati ⁸SSi (Badan Standarisasi Nasional Indonesia Jakarta) mengulas Penerapan Standar Manajemen Keamanan Pangan Good Manufacturing Product (GMP),  Yogi A Baso SSi Apt (Loka POM Bima) tentang Keamanan Pangan, Prosedur Registrasi dan CEK KLIK BPOM.

    LSelain itu, materi lainnya disajikan oleh Armiani, SE MAk yang juga akademisi STIE AMM Mataram / Mahasiswa Program Doktor UNAIR Surabaya dengan topik Menjadi Pebisnis Handal Bersama IKM Kreatif dan Sukses Lebih Cepat Bersama Produk Bersertifikat dan Berlabel  Halal, Sri Muliati (Dinas Kesehatan), Cara Produksi Pangan yang Baik bagi Industri Rumah Tangga, Drs Dahlan (Dinas Perindag Kabupaten Bima) tentang Kebijakan Program dan Kegiatan dan Erni Rahmawati, SE terkait Promosi dan Pemasaran. (ZR.06)