• Breaking News

    5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rochmi SMKN 2 Kota Bima Mendulang Prestasi


    Kepala SMK Negeri 2 Kota Bima
    Fathur Rahman, ST., M.MInov.

    SMKN 2 Kota Bima ad
    alah salah satu pusat pendidikan menengah kejuruan yang ada di Kota Bima yang memiliki visi menuju SMK Negeri 2 Kota Bima Yang Mandiri, Akhlak, Terampil, Prestasi (MANTAP). Sementara misi yang ingin diwujudkan adalah SDM yang berkualitas, lingkungan yang sehat dan nyaman serta aman, pelayanan yang profesional, humanis dan adil, sarana dan prasarana yang memadai, kreatif dan inovatif, berkarkter dan berakhlak.

    Visi dan misi SMKN 2 Kota Bima sebagai modal penting dalam pengembangan diri sebagai pusat pendidikan terbaik di Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya di Kota Bima. Bersinergi dengan program unggulan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan program 11 Gemilang Karya juga dengan visi NTB Gemilang yang digelorakan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bapak DR. Zulkieflimansyah dan Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd atau yang dikenal dengan sebutan Zul-Rochmi hingga penghujung jabatannya September 2023 ini.
    Sinergitas yang terbangun menjadikan visi NTB Gemilang telah memenuhi indikator dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK di NTB. Dengan visi MANTAP, SMKN 2 Kota Bima mampu mewujudkan Program 11 Gemilang Karya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB tersebut yang terintegrasi dalam program sekolah seperti di SMKN 2 Kota Bima.

    Kepemimpinan Zul-Rochmi telah memberi dampak positif dalam pengembangan satuan pendidikan kejuruan khususnya bagi SMKN 2 Kota Bima. Sebagaimana diungkapkan Kepala SMKN 2 Kota Bima, Fathur Rahman ST, M.MInov bahwa Program 11 Gemilang Karya yang dicetus oleh Dinas Pendidikan dan Kubudayaan Provinsi NTB merupakan program unggulan yang wajib dilaksanakan sebagai role model pengembangan SMK yang berbasis IDUKA.
    "Kita wajib laksanakan program unggulan ini," tegasnya.

    Selain visi dan misi yang dimiliki, SMKN 2 Kota Bima memiliki Sumber Daya Sekolah (SDS) yang terdiri dari Modal Manusia, dimana Guru berjumlah 124 dan 90% sudah memiliki sertifikasi pendidik. Modal Sosial, dimana terjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak lain, dan Modal Fisik, dimana memiliki sarana prasarana yang memadai.
    Selain itu Sumber Daya Sekolah juga terdiri dari Modal Politik, yakni terjalin hubungan yang baik dengan pembangku politik daerah. Modal Lingkungan, lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif, Modal Agama dan Budaya, adanya keharmonisan dalam kehidupan beragama, serta Modal Finansial, baik melalui Dana BOS dan BPP.

    Lima tahun melalui tangan dingin Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB Zul-Rochmi, sejumlah prestasi telah dicapai SMKN 2 Kota Bima. Prestasi tersebut tidak terlepas dari aktualisasi harapan besar bersama melalui 11 Strategi SMK NTB Gemilang Karya.

    Pertama, Refocusing core SMK. Refocusing core untuk memudahkan tata kelola yang baik, efektif dan efisien. Setelah refocusing SMKN 2 Kota Bima hanya fokus dalam menatakelola pada jurusan yang masuk dalam corenya yakni teknologi rekayasa, manufaktur, teknik konstruksi properti dan satu kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik.

    Kedua, SMK harus menjadi BLUD. SMKN 2 Kota Bima telah menjadi salah satu SMK BLUD dari 11 SMK BLUD di NTB. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena dengan ini memudahkan menjalin kerjasama SMK dengan dunia industri sehingga kolaborasi keduanya akan semakin terbuka. Selain itu memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan atau barang BLUD SMK sesuai ketentuan yang berlaku.

    Pembinaan tata kelola SMK BLUD SMKN 2 Kota Bima

    Ketiga
    , Pembelajaran berbasis produk yang dikemas dalam teaching factory. Implementasi kegiatan pembelajaran teaching factory dapat terlaksana dengan baik sehingga proses belajar dapat menjadi wadah simulasi industri bagi peserta didik. Kompetensi peserta didik semakin terasah sehingga proses pembelajaran menghasilkan produk-produk unggulan yang layak untuk dipasarkan di masyarakat seperti yang saat ini sedang viral adalah podium mini sebagai produk unggulan dari teknik pengelasan. Runing teks yang merupakan produk dari anak-anak teknik elektronika.

    Podium mini Karya siswa SMKN 2 Kota Bima

    Podium mini ini sebuah karya yang luar biasa sekaligus membanggakan bagi SMKN 2 Kota Bima, dimana salah satu produk berupa podium karya siswa SMKN 2 Kota Bima digunakan hampir seluruh SMA dan SMK se Kota dan Kabupaten Bima.

    Keempat, Pembelajan berbasis proyek yang dikemas dalam Kelas Wirausaha. Saat ini SMKN 2 Kota Bima memiliki jasa unggulan dari Teknik Pendingin Tata Udara yang merupakan bentuk usaha dari kelas wirausaha "COLUKASISO" Dengan mobil operasional melayani jasa pemasangan AC, perbaikan AC, pencucian AC dan service peralatan pendingin lainnya.

    Tim dan mobil operasional layanan pemasangan dan service AC "COLUKASISO" SMKN 2 Kota Bima

    Kelima, Link and match antar SMK dengan dunia indsutri. SMKN 2 Kota Bima telah merintis link and match dengan dunia industri. Hal ini mulai dilakukan dengan membuat 150 Perjanjian Kerjasama (PKS) bersama dunia usaha dan dunia industri.

    Keenam, Program magang guru ke dunia industri. Guna meningkatkan kompetensi guru, SMKN 2 Kota Bima memberikan kesempatan kepada para guru untuk magang di dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan kompetensi keahliannya. Saat ini 30% guru produktif telah memiliki sertifikat industri yang diperoleh dari kegiatan magang, upskilling dan reskilling.

    Ketujuh, Program guru tamu. SMKN 2 Kota Bima telah mengundang guru tamu di setiap kompetensi keahlian dengan beban jam mengajar 50 JP/KK/Semester. Dengan adanya program guru tamu ini maka sekolah menghadirkan kompetensi nyata yang harus dimiliki siswa yang dibutuhkan industri. Guru Tamu yang dihadirkan merupakan praktisi di dunia industri yang memiliki kompetensi praktis yang sangat berguna bagi siswa.

    Kedelapan, Bursa Kerja SMK. SMKN 2 Kota Bima telah memiliki bursa kerja khusus sebagai wadah untuk membantu alumni dalam memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja. Bursa kerja ini telah membangun kerja sama dengan dinas tenaga kerja dan berbagai dunia industri dan dunia usaha yang telah memiliki PKS dengan SMKN 2 Kota Bima.

    Kesembilan, Membentuk lembaga sertifikasi internasl SMK. SMKN 2 Kota Bima tengah merintis lembaga sertifikasi internal sebagai langkah strategis untuk membuktikan bahwa tenaga kerja yang dihasilkan memiliki mutu yang baik.

    Kesepuluh, Menumbuhkan kembali budaya kerja di lingkup SMK. SMKN 2 Kota Bima saat ini terus menerapkan berbagai program kegiatan untuk mengembangkan budaya dan karakter melalui kegiatan Sabtu Budaya, Imtaq, tisamputa (Tiga Sampah Plastik untuk Tiket Pulang), Tahsin untuk guru, mentoring agama Islam bagi siswi, coaching restitusi, dan proyek-proyek profile Pelajar Pancasila.

    Kesebelas, Kunjungan Industri. Para guru dan siswa SMKN 2 Kota Bima melakukan wisata belajar atau kunjungan ke dunia industri yang ada untuk mengetahui dan mengenal industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian.

    Kegiatan kunjungan industri kompetensi keahlian kimia industri SMKN 2 Kota Bima di PLTD Bima

    Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathur Rahman, ST, M.M Inov yang baru dua tahun kepemimpinannya, tetap memastikan sejauhmana 11 Strategi SMK NTB Gemilang Karya dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya. Selama 2 tahun kepemimpinnya telah memberikan perubahan yang signifikan. Hal itu terlihat dari proses pembelajaran yang lebih tertib dan efektif baik di bengkel maupun di kelas, sehingga siswa memiliki kompetensi seperti yang diharapkan.
    "Langkah-langkah evaluatif terhadap pelaksanaan program strategis pun harus terus kita lakukan. Hal itu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ungkapnya.

    Dibawah kepemimpinan Fathur Rahman, berbagai prestasi diraih SMKN 2 Kota Bima. Diawali dengan menjadi SMK Pusat Keunggulan, dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK. Seiring dengan berbagai prestasi yang dicapai sekolah, siswa dan siswi SMKN 2 Kota Bima juga meraih sejumlah prestasi gemilang akademik dan nonakademik diantaranya berturut turut mengantar siswanya mewakili Provinsi NTB di ajang nasional lomba kompetensi siswa pada Bidang Lomba Electrical Instalation pada tahun 2022 dan mendapatkan peringkat 5 nasional. Pada tahun 2023 pada bidang yang sama dan Refrigration and Air Conditioning akan mewakili NTB di ajang tingkat nasional pada Oktober 2023 di Bandung Jawa Barat.
    Prestasi luar biasa lainnya, berhasil mengantarkan 6 siswanya lulus PTN ternama di Indonesia melalui jalur SNPB dan 1 siswa melalui jalur PBUTM.

    Siswa SMKN 2 Kota Bima meraih 2 medali emas dalam lomba komptensi siswa tingkat provinsi NTB 2023 dan mewakili NTB di tingkat Nasional

    Semua prestasi yang diraih baik oleh sekolah, guru maupun siswa tak terlepas dari sinergitas semua komponen yang ada di SMKN 2 Kota Bima. Semangat kebersamaan, kolaboratif, dan sinergitas yang baik antara seluruh pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan, termasuk di dalamnya orang tua wali. 

    "Kita harus terus berinovasi, meningkatkan mutu, menjadikan anak didik kita memiliki kompetensi dan keahlian di bidangnya masing-masing sehingga mampu terserap pada pasar kerja," harap Kepala SMKN 2 Kota Bima yang kerap disapa Fathur. (Tim)

    Tidak ada komentar