• Kongres Askot PSSI Kota Bima Digelar

    Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin bersama Anggota Exco Asprov NTB dan pengurus PSSI Kota Bima saat kongres, Sabtu (28/10)

    Kota Bima, (Zona Rakyat).-Setelah tertunda beberapa waktu lalu, akhirnya Kongres Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Bima digelar, Sabtu (28/10) di Falcao Cafe Kota Bima.
    Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin SE, Executive Comite (Exco) Asosiasi Provinsi (Asprov) NTB Iwan, Pengurus Pengcab PSSI Kota Bima dan diikuti club sepak bola yang terdaftar di PSSI Kota Bima. Ditambah sejumlah  peserta peninjau dari kelurahan yang belum memiliki dan mendaftarkan club sepak bolanya.
    Ketua Panitia Pelaksana H Abdurahman H Wujud mengatakan kegiatan Kongres Askot PSSI Kota Bima merupakan yang pertama kali digelar. Mengingat ada perubahan nama dari Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI Kota Bima menjadi Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Bima.
    “Sebelumnya biasa kita gelar Musyawarah Cabang (Muscab) sekarang diganti namanya menjadi kongres Askot PSSI Kota Bima,” ujar pria yang kerap disapa H Man Wujud.
    Dijelaskannya, pelaksanaan kongres tersebut didukung KONI Kota Bima, Pengurus Pengcab Kota Bima dan sejumlah pihak yang turut membantu suksesnya kongres.
    “Kita berharap Kongres ini dapat berlangsung dengan baik, sukses dan aman. Sehingga akan terpilih pemimpin dan pengurus yang amanah dalam memajukan olah raga sepak bola di Kota Bima,” harapnya.
    Sementara Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin yang juga membuka kongres tersebut mengatakan, sepak bola adalah olah raga favorit masyarakat dunia dan khususnya di Kota Bima. Oleh karenanya dirinya berharap kegiatan Kongres Askot PSSI Kota Bima dapat melahirkan pengurus yang mampu menjembatani lahirnya talenta-talenta muda berbakat dari seluruh kelurahan yang ada di Kota Bima.
    “Kita berharap Kongres dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Melahirkan keputusan bersama untuk kemajuan sepak bola kedepan,” harap H Man sapaan akrab Wakil Walikota Bima.
    Dikatakan Wakil Walikota, Persekobi memiliki catatan prestasi yang bisa dibanggakan. Diantaranya pada tahun 2014 mendatangkan pelatih nasional Indra Syafrie untuk membwrikan suntikan spirit bagi perkembangan sepak bola Kota Bima. 
    Pada tahun 2015 lalu, Persekobi pernah meraih juara pada pekan olah raga provinsi (Porprov). Persekobi juga pernah juara rayon Bali Nusra dan mewakili untuk tingkat nasional.
    “Persekobi catatkan sejarah sebagai juara ketiga,” imbuhnya.
    Catatan prestasi tersebut hendaknya terus dipertahanakan dan dikembangkan oleh Askot dan Persekobi melalui pengurus terpilih.
    Gelaran turnamen antar kelurahan  juga harus tetap digulirkan untuk memberikan ruang bagi anak-anak muda berbakat untuk menyalurkan minat dan bakat juga kelihaiannya bermain bola.
    “Suatu saat akan ada anak-anak Kota Bima yang bisa mengharumkan nama daerah di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.
    Sementara Exco Asprov NTB mengucapkan terima kasih kepada PSSI Kota Bima yang menggelar Kongres. Karena di NTB, belum semua daerah menggelar kegiatan serupa sejak perubahan nama Pengcab menjadi Asosiasi Kota dan Asosiasi Kabupaten.
    “Saya juga merasa bersyukur bisa hadir di Bima, karena ini pertama kali saya bisa mengunjungi Kota Bima,” ujar Iwan yang berdomisili di Sumbawa.
    Kehadiran dirinya di Kota Bima dalam rangka meninjau pelaksanaan kongres Askot PSSI Kota Bima. Sehingga kongres bisa berlangsung baik, lancar dan aman sehingga menghasilkan pemimpin yang bisa membawa sepak bola Kota Bima lebih baik kedepannya.
    “Ketika dalam sidang ada hal-hal yang perlu ada masukan dan penjelasan, barulah saya masuk menjelaskan dan memberikan masukan,” tuturnya.

    Pelaksanaan kongres sendiri dimulai sejak pukul 09.00 Wita untuk registrasi peserta baik peserta inti maupun peninjau. (ZR.02)