• Perekrutan Panwascam Dilakukan Secara Transparan

    Komisioner Panwaslu Kota Bima Idhar S.Sos (kiri) dan Muhaimin SPdI (kanan)


    Kota Bima (Zona Rakyat).-Perekrutan calon anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dilakukan secara transparan dan terbuka. Hal tersebut ditegaskan Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kota Bima Muhaimin SPdI.
    Dikatakannya, pelaksanaan tes tertulis beberapa waktu lalu menyisahkan 36 orang dari 64 peserta yang mengikuti tahapan tersebut.
    “Kita pastikan perekrutan Panwascam se Kota Bima ini dilakukan secara transparan dan terbuka. Tidak ada intervensi dari siapapun,” tegas Muhaimin didampingi Adhar SSos Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.
    Kata dia, calon anggota Panwascam yang lulus tes tulis tersebut berdasarkan nilai hasil pemeriksaan yang diawasi langsung oleh Bawaslu.
    Muhaimin membeberkan, pada tahapan tes wawancara para calon panwascam akan diuji kemampuan dalam memahami kepemiluan, kepemimpinan, penguasaan wilayah dan integritas. Termasuk tanggapan masyarakat yang masuk akan disampaikan langsung saat wawancara.
    “Masukan masyarakat sangat kita harapkan sehingga calon anggota Panwascam yang lulus adalah orang-orang terbaik yang memiliki integritas tinggi dan rekam jejak yang baik,” harapnya.
    Hasil tes wawancara kata Muhaimin, akan diumumkan pada tanggal 27 Oktober. Jika tidak ada kendala Panwascam akan dilantik pada tanggal 30 Oktober 2017.
    Karena usai dilantik Panwascam dihadapkan dengan penguatan kapasitas kelembagaan melalui bimbingan teknis. Sedangkan mulai bulan November, Panwascam dihadapkan pada tugas pengawasan tahapan pemilu.
    “Praktis pada November nanti langsung upaya penguatan kapasitas kelembagaan Panwascam. Ini dilakukan agar Panwascam memahami tugas dan wewenangnya sebagai pengawas pemilu di tingkat kecamatan,” pungkasnya. (ZR.03)