• KPU Kota Bima Simulasi Proses Pemungutan Suara

    Suasana simulasi pemungutan suara yang dilaksanakan anggota dan Sekretariat PPK, sekretariat KPU dan jajaran Panwaslu Kota Bima, Senin (4/6/2018) di halaman KPU Kota Bima.


    Kota Bima, Zona Rakyat.-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melakukan simulasi paripurna tata cara pemungutan dan penghitungan suara, Senin (4/6) di halaman KPU Kota Bima.
    Simulasi tersebut melibatkan seluruh anggota dan Sekretariat PPK, Sekretariat KPU Kota Bima juga jajaran Panwaslu Kota Bima.
    Hal tersebut dijelaskan Ketua KPU Kota Bima Bukhari SSos disela sela pelaksanaan simulasi.
    Dijelaskan Bukhari, kegiatan simulasi paripurna adalah mensimulasikan seluruh kegiatan sesuai dengan PKPU tentang pemungutan suara di TPS. Bagaimana proses pemungutan hingga penghitungan suara di TPS.
    "Kita mensimulasikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan dihadapi KPPS pada saat proses pemungutan dan penghitungan suara. Baik secara administrasi maupun tata cara pemungutan suara misalnya bila ada pemilih yang sakit, pemilih disabilitas, yang pindah memilih dan hal lainnya," jelasnya.
    Kegiatan ini melibatkan seluruh kompomen yang ada di tengah masyarakat layaknya sebuah proses yang berjalan di TPS. 
    Melibatkan petugas KPPS senanyak 7 orang, Linmas, saksi untuk paslon gubernur wakil gubernur dan saksi paslon walikota dan wakil walikota Bima 2018 juga pengawas TPS dari Panwaslu Kota Bima. 
    "Kita menginginkan dari simulasi ini sekretariat kpu dan ppk memahami proses dan peristiwa atau kejadian yang akan muncul di TPS," ujar Bukhari.
    Hasil simulasi ini, kata Ketua KPU akan ditransfer kepada KPPS sehingga mereka akan mengetahui problem apa saja yang terjadi nanti pada saat proses pemungutan dan penghitungan suara.
    "Kegiatan hari ini benar-benar memberikan pemahaman yang mendalam tetang pungut hitung di TPS. Sehingga bila menghadapinya nanti, mereka sudah mengetahui bagaimana menyelesaiakannya secara cepat dan cermat," harap Bukhari. (ZR.02)