• Bupati Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima

    Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE menerima Pataka Karang Taruna dari Ketua Forum Karang Taruna Provinsi NTB Makruf SAg saat Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima, Senin 26/11/2018).
    Bima, Zona Rakyat.-Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima periode 2018-2020, Senin (26/11/2018) di ruang rapat Bupati Bima.
    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima Kabupaten AKBP. Bagus Satrio Wibowo SH SIK, Ketua Karang Taruna Provinsi NTB Makruf SAg, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima beserta jajaranya dan anggota karang taruna.
    Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE mengatakan, dengan dilantik dan dikukuhkan ketua dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Bima periode 2018-2022, diharapkan kedepan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam menjalankan amanahnya. 
    Keberadaan karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda di dingkat desa dan kelurahan.
    Pengembangan kualitas generasi muda tidak hanya dilakukan melalui pendidikan formal, namun dapat dilakukan melalui wadah (lembaga atau organisasi) yang mempunyai komitmen terhadap generasi muda. Peran serta organisasi kepemudaan sebagai salah satu komponen partisipasi sosial masyarakat perlu ditingkatkan dan dikembangkan. 
    Sejalan dengan hal tersebut, organisasi lokal sebagai sumber daya potensial dituntut untuk berperan secara optimal untuk menggerakan masyarakat dalam pembangunan.
    Sebagai organisasi sosial yang berada pada tingkat desa atau kelurahan, kata Bupati, Karang Taruna harus mampu menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan sosial yang memiliki makna sangat penting dan strategis khususnya dalam upaya melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai serta mengamalkan semangat kegotongroyongan dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial. 
    Bupati Bima berharap dengan dikukuhkanya kepengurusan karang taruna, diharapkan kedepan dapat menjalankan amanah sebagai ketua dan pengurus karang taruna sehingga keberadaan saudara sekaligus dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendukung program kepala daerah kedepannya.
    Ketua Forum Karang Taruna Provinsi NTB Makruf, SAg juga menyampaikan, keberadaan Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat. Khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kecamatan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial sekaligus wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. 
    Sebagai organisasi kepemudaan katanya, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. 
    "Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang," ungkapnya.
    Karang Taruna sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial RI No.83/HUK/2005 adalah Organisasi Sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat tertutama generasi muda yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial.
    "Dilantiknya ketua dan kepengurusan yang baru, guna menampung aspirasi masyarakat, khususnya generasi muda. Saya ucapkan selamat menjalankan tugas dan mengembang amanah periode 2018-2022," harapnya.
    Momentum pelantikan tersebut ditandai dengan penyerahan Pataka Lambang Karang Taruna oleh Ketua Karang Taruna Provinsi NTB Makruf, SAg Kepada Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE selanjutnya diserahkan kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Bima Irfan Dj SH. (ZR.05)