• Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima, Gelar Seminar Publik

    Mahasiswa KKN STIH Muhammadiayah Bima saat menggelar seminar publik di Desa Talapiti Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Rabu (11/7/2019).
    Bima, Zona Rakyat.-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiya Bima menggelar seminar publik tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA). 

    Kegiatan tersebut berlangsung di Dusun Tolowata Desa Talapiti Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Rabu (11/7/2019). 

    Hadir dalam seminar tersebut, Camat Ambalawi, Kepala UPT Pertanian Ambalawi, Kapolsek Ambalawi, Perangkat Desa serta masyarakat Desa Talapiti.

    Ketua Kelompok KKN Desa Talipiti Mahmud mengatakan,  kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya sekedar  membangun wacana ilmiah, namun dimaksudkan juga merubah cara berpikir masyarakat. Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia yang bisa memanfaatkan potensi alam yang ada di Desa Talapiti. 

    Menurut Mamud, meski Desa Talapiti merupakan desa pedalaman, namun mempunyai keindahan tersendiri karena keberadaannya yang diapit bukit dan pegunungan. Selain itu juga memiliki Air Terjun Ncaru, DAM Diwu Mbolo dan persawahan yang sangat indah.
    "Ini akan menjadi prospek arah destinasi wisata masyarakat di Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima," ungkapnya. 

    Dijelaskannya, populasi penduduk di Desa Talapiti sekitar 2000 jiwa dan potensi alam yang dimiliki harus mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan Desa Talapiti. Namun  memerlukan kerjasama dan dukungan dari masyarakat maupun pemerintah setempat.  

    Diakhir pernyataannya, Mahmud dan sejumlah mahasiswa lainnya berkomitmen selama melaksanakan KKN terus membatu dan memberikan pendidikan, motivasi dan ide-ide kreatif dan inovatif. Mengajak masyarakat untuk memelihara, mengembangkan dan memanfaatkan lingkungan dengan baik. 

    "Kami akan terus gerakkan masyarakat untuk terbiasa menanam terutama di pekarangan rumahnya masing-masing seperti sayuran dan buah-buahan seperti cabe, bayam, sawit, tomat, pepaya dan lainnya agar lingkungan Desa Talapiti menjadi  indah dan bermanfaat," harapnya. (ZR.03)