• Pemuda Muhammadiyah Desak Kapolda NTB Evaluasi Kinerja Polres Bima

    Hajairin SH MH
    Wakil Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Bima
    Bima, (Zona Rakyat).- Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bima menyoroti kinerja Kapolres Kabupaten Bima dan jajarannya dalam menuntaskan bebebapa kasus yang mandek seperti kasus OTT Dana Try Out yang melibatkan pejabat Dikbud Kabupaten Bima sekitar 3 tahun yang lalu, serta kasus-kasus lainnya.

    Hajairin, SH.,MH Wakil Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bima menjelaskan bahwa setiap kasus yang mandek, berpotensi bagi oknum pejabat tertentu untuk berlaku koruptif dan nepotisme terutama di institusi Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Bima.

    Hajairin menuding Kapolres Kabupaten Bima secara sengaja membiarakan kasus-kasus tersebut berlarut, tanpa ada kejelasan dan kepastian hukumnya hingga hari ini. Menurutnya, hal ini dapat berdampak pada kepercayaan publik terhadap kinerja penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat kepolisian.

    "Kapolda NTB segera evaluasi kinerja jajaran Kepolisian Resort Kabupaten Bima sebagai bentuk transparansi dan akuntabiltas dalam penegakan hukum," tegasnya.

    Disamping itu dalam setiap penanganan perkara harus ada kepastian hukum, sebagai bentuk pertanggunjawaban pihak penegak hukum terhadap publik dan status terhadap terduga pelaku, karena menyangkut hak asasi manusia.

    "Waktu yang sudah berjalan tiga tahun semestinya untuk sebuah kasus try out itu sudah ada kepastian hukum," sesal Hajairin.

    Terhadap hal itu kata dia, kalau tidak mampu diselesaikan ini menjadi preseden buruk bagi Polres Kabupaten Bima dan penegakan hukum di Bima.

    "Jangan sampai hukum tumpul keatas tajam kebawah dilekatkan kepada penegak hukum di wilayah Polres Bima Kabupaten," tutupnya. (ZR.03).