• BAZNAS Dompu Bantu Sejumlah Masjid

    Dok. Baznas Kabupaten Dompu dan Pengurus Masjid.


    Dompu, (Zona Rakyat).-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Dompu menyalurkan bantuan kepada 44 masjid di Kabupaten Dompu. Pembagian bantuan dilakukan di kompleks Masjid Agung Baiturrahman Dompu, Selasa (18/20). 

    Bantuan ke 44 masjid tersebut tersebar di empat kecamatan, diantaranya kecamatan Dompu 17 masjid, Woja 14 masjid, Pajo 6 masjid, dan kecamatan Hu’u 9 masjid. Jumlah bantuan untuk masing-masing Masjid bervariasi, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 25 juta.

    Ketua BAZNAS Dompu, Drs. H. Burhanuddin H.MS mengatakan, sumber bantuan yang disalurkan ini berasal dari dana zakat yang dihimpun selama tahun 2020. Bantuan tersebut diperuntukan bagi pembangunan dan rehab masjid di wilayah Dompu. "Saya harap bantuan ini digunakan secara tertib," pintanya.

    Tahap selanjutnya, kata dia, BAZNAS Dompu akan menyalurkan bantuan ke semua masjid di empat kecamatan yang belum mendapatkan bantuan. Seperti Kempo, Kilo, Pekat dan Manggelewa. "Total dana bantuan untuk masjid di 8 kecamatan senilai Rp. 513 juta," tetangnya.

    Ditambahkannya, perolehan zakat yang  dihimpun selama tahun 2020 mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2020. Hal tersebut terkendala banyak faktor seperti pandemi Covid-19 yang menyulitkan BAZNAS untuk melakukan komunikasi dan konsolidasi dalam mengumplkan zakat. Ia mencontohkan, zakat siswa dan siswa yang masuk ke BAZNAS tahun ini sangat sedikit. Selain itu, rendahnya kesadaran masyarakat Dompu dalam menyalurkan zakat. 

    Untuk itu, Burhanudidin menghimbau agar masyarakat secara sadar dan suka rela menyalurkan zakat melalui BAZNAS. "Tidak hanya zakat fitrah, tetapi juga zakat mall, zakat profesi dan zakat pertanian. Karena mengeluarkan zakat merupakan kewajiban bagi ummat Islam", urainya.

    Sebelumnya, BAZNAS Dompu telah menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk program, seperti bantuan Guru Ngaji, bangtuan untuk Marbot, Muallaf, bedah rumah dan beberapa bantuan lainnya. 

    "Kedepan BAZNAS berencana adakan pelatihan guru-guru PAI. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru agama Islam", jelasnya.

    BAZNAS juga menyapaikan terimakasih kepada semua pihak, khususnya Pemerintah Dompu yang telah mendukung program BAZNAS dengan alokasi anggaran operasionalnya. (ZR.011)