• Dua Pemanjat Puteri NTB Ke Final Speed Word Recor


    Papua, zonarakyat.com.- Hasil qualifikasi Cabang Olaharaga Panjat Tebing pada PON XX Papua pada nomor speed word recor perorangan puteri menempatkan dua atlet andalan NTB maju ke babak final pada pertandingan, Selasa (28/09/21) sore. Kedua atlit tersebut masing-masing menempati peringkat 7 dan 8 atas nama Fauzan Nurul Islam dari Dompu dan Nurul Iqamah dari Kota Bima.

    Ketua Umum FPTI Kota Bima, Agus Salim kepada media ini via whats app (WA), Selasa (28/09/21) malam mengatakan, babak kualifikasi untuk nomor speed word recor akan mengambil 16 atlit tercepat. Artinya, akan diambil waktu terbaiknya disalah satu jalur yang diambil. “Setiap atlit melakukan pemanjatan masing-masing satu kali dijalur A dan B,” katanya.

    Kata Agus, berdasarkan skema yang disusun hasil pada babak kualifikasi atlit Nurul Iqamah yang menempati peringkat delapan (8) akan bertemu peringkat sembilan (9) dari Jawa Timur. “Sedangkan Fauzan Nurul Islam peringkat tujuh (7) bertemu peringkat 10 dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Begitu juga atlet lainnya akan melakukan head to head,” ujarnya. 

    Sementara itu, Ketua Harian FPTI Kota Bima, M. Fauzi mengaku, peluang Nurul Iqamah membawa pulang medali masih terbuka, namun untuk medali emas lumayan berat sebab atlet peringkat satu (1) Safiah Salsabila dari Banten siap menghadangnya. 

    “Skenarionya, bila Nurul berhasil melewati atlet peringkat 9 sudah pasti ia menggenggam medali perunggu karena langsung head to head dengan Safiah untuk merebut posisi medali perak atau emas. Menang atas Safiah berarti siap merebut emas,” jelasnya.

    Menurut Fauzi, atlet peringkat 1 yang akan menghadang Nurul nanti merupakan rekan pelatnas Cabor Panjat Tebing. Entah seperti apa hasil latihan mereka, diperkirakan cukup ketat karena watu terbaik yang diraih Nurul di nomor speed word recor sekitar 6 menit lebih sedikit, sementara hasil panjat pada kualifikasi hanya mencapai sekitar 7,2 menit. “Artinya, masih bisa mencapai level panjat terbaiknya untuk meraih medali emas. Semoga ada kemudahan untuk tim NTB,” urai Fauzi dengan penuh harapan.

    Sedangkan rekannya Fauzan Nurul Islami peluangnya tetap terbuka, namun ia akan dihadang oleh peringkat dua (2) dari Jakarta yang diperkirakan dengan mudah melewati lawan sebelumnya. (ZR.03)