• PON Papua Cabor Panjat Tebing, Ayu Fatullah Menatap Final Lead Perorangan Puteri


    Papua, zonarakyat.com.- Hari kedua pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing mempertandingkan empat nomor, yaitu lead perorangan puteri, boulder perorangan putera, speed word recor perorangan putera dan puteri. Demikian dikatakan Ketua Umum FPTI Kota Bima, Agus Salim kepada media ini via whats app (WA), Selasa siang (28/09/21) ini.

    Agus menjelaskan, dinomor lead perorangan puteri, Tim Nusa Tenggara Barat (NTB) menurunkan dua atlit andalan atas nama Ayu Fatullah dari Kota Bima, Anggun Yolanda dari Lombok Tengah. Jumlah peserta yang ikut pada nomor ini sebanyak 23 atlet dari berbagai provinsi. “Sesuai aturan kompetisi panjat tebing, apabila kurang dari 30 peserta maka pelaksanaannya hanya dua babak, yaitu babak kualifikasi dan babak final,” ujarnya.

    Hasil dijalur pertama,  kata Agus, atlit NTB Ayu Fatullah mendapatkan nilai 31 dengan posisi peringkat delapa (8), di jalur pemanjatan dua Ayu mendapatkan nilai 32 (peringkat 5). “Berdasarkan hasil dari kedua jalur pemanjatan ini maka Ayu Fatullah menempati peringkat ketujuh (7) dan berhak melaju ke babak final,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua Harian FPTI Kota Bima, M. Fauzi yang sedang berada di lokasi pertandingan mengatakan, keikutsertaan gadis kelahiran Kelurahan Karara Kota Bima ini (Ayu Fatullah) adalah kali kedua mengikuti PON. Pada event PON Jawa Barat tahun 2016 lalu, Ayu mengikuti nomor lead perorangan puteri dan saat ini berada tepat di bawah garis hitam. Artinya saat itu Ayu peringkat sembilan (9.

    “Di nomor lead para jawara berbagai provinsi akan menurutkan atlit terbaik. Sebut saja Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, jawa Tengah, Kaltim dan tuan rumah Papua,” terang Ozi, sapaan salah satu dedengkot Panjat Tebing Kota Bima ini.

    Kata dia, nomor boulder perorangan putera, tim NTB menurunkan dua atlit atas nama Azhar Wan Akbar dari Dompu dan Joni Kastria dari Lombok Timur. Pada nomor ini mengikuti aturan kompetisi babak lengkap (kualifikasi, semifinal dan final) dimana jumlah atlit yang bertanding sebanyak 34 atlit. “Dinomor boulder perorangan putra Joni Kastria berhak menuju babak semifinal, yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2021,” terangnya.

    Sekitar pukul 14.00 nanti akan dimulai qualifikasi speed word recor. Dimana tim NTB masing-masing menurunkan dua atlit putera dan puteri. Atas nama Muhammad Fajar dan Nurul Iqamah dari Kota Bima dan Fauzan Nurul Islam dari Dompu. (ZR-04)