• Wakil Bupati Bima Canangkan Vaksinasi Ibu Hamil

    Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan HM Noer saat mencanangkan Vaksinasi Ibu Hamil.

    Bima, Zona Rakyat.-
    Upaya untuk terus mendorong percepatan Vaksinisasi hingga mencapai lebih dari 50% pada Desember mendatang terus digalakkan oleh pemerintah Kabupaten Bima. Salah satu langkah kongkrit dilakukan oleh Wakil Bupati Bima  Drs. H. Dahlan H.M.Noer, Selasa (14/9) melalui pencanangan vaksinasi ibu hamil di 15 desa di Kecamatan  Woha Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut dipusatkan di Puskesmas (PKM) Woha dan dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan lainnya.

    Kegiatan yang mengusung tema" AYO VAKSINASI" Tak Kenal Maka Tak Kebal" ini dihadiri Asisten I Setda H.Putarman SE, Kadis Kesehatan Kabupaten Bima, Fahrurahman SE, M.Si, Camat Woha Irfan H.M. Noer S.Sos, Muspika, Kepala Puskesmas Woha Dr. Dewi Puspaningsih dan para Tenaga medis. Sedikitnya 100 orang peserta hadir dalam pencanangan vaksinasi ibu hamil ini.

    Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan HM Noer mengungkapkan, sesuai dengan pandangan para dokter yang melakukan sosialisasi, fungsi vaksin bukanlah obat akan tetapi berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika ada penyakit yang berpotensi bersarang, tentu tubuh kita sudah kebal sehingga virus  tidak membahayakan kesehatan atau tubuh kita.  Ditambahkan Wabup, sebagian besar negara seperti di Eropa telah bebas dan sudah tidak lagi memakai masker karena sekitar 70%  penduduknya telah divaksin. "Harapan saya di Kecamatan Woha ini semuanya mau melakukan vaksinasi,” harapnya.

    Vaksinasi untuk ibu hamil kata Dahlan, tentu dibatasi bagi ibu hamil yang memiliki penyakit bawaan. Dokter dan tenaga kesehatan akan melakukan pemeriksaan awal.

    "Semoga kegiatan vaksin ibu hamil ini berjalan lancar dan aman,” imbuh Wabup.
    Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima melalui Kabid Kesmas Tita Masita M.Si memaparkan, vaksinasi ibu hamil ditujukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan masyarakat menjadi sehat. Kewajiban Dinas Kesehatan melakukan proses vaksinasi 1.524 ibu hamil yang tanpa ada kendala demam dan penyakit lainnya.

     "Pelayanan vaksinasi ini dilaksanakan di seluruh kecamatan  dan pencanangannya dipusatkan di PKM Woha," terangnya.

    Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh para petugas kesehatan untuk melakukan sosialisasi terkait fungsi vaksin kepada Ibu-ibu hamil. 

    Dr Khairil SPOG (Spesialis obstetri dan ginekologi/Spesialis kandungan) menjelaskan dihadapan para peserta, bahwa saat ini angka kejadian Covid-19 masih belum hilang di negara kita.

    Menurutnya, aksin tidak ada pengaruhnya terhadap kehamilan dan telah dibuktikan melalui uji medis, juga terhadap bayi para ibu hamil. 

    "Vaksinasi dilakukan pada ibu hamil usia kandungan di mulai 13 - 34 minggu  dan selama ini tidak ada keluhan terhadap vaksin yang diberikan di wilayah Jawa pada Dosis Sinovac,' terang  dr Khairil.

    Pencanangan pemberian dosis vaksinasi terhadap ibu hamil dilakukan oleh Wakil Bupati Bima didampingi jajaran terkait dan diawali dengan pemeriksaan kesehatan. (ZR.07)