• 17 Bunda PAUD Kecamatan Dilantik, Ini Pesan Bupati

     


    Kabupaten Bima, Zona Rakyat - Pelantikan dan pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 17 Kecamatan dan 191 desa  Se-Kabupaten Bima yang berlangsung Minggu (31/10) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Panda Kecamatan Palibelo yang dipimpin oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE  yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Bima berlangsung dalam suasana hikmad dan tertib. 

    Pengukuhan Bunda PAUD juga dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Bima MM. Putera Ferryandi S.IP, Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima dan Kepala Perangkat Daerah.

    Bupati yang juga bunda PAUD Kabupaten Bima menyampaikan sambutan setelah pemasangan selempang dan dan Bunda PAUD kepada 17 Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Bima

    Dihadapan para Camat, Kepala UPT Dinas Dikbudpora, para  pengawas pendidikan, Kepala Desa, pengelola PKBM, Himpunan  dan Pengurus PAUD Non Informal Se- Kabupaten Bima, Bupati mengatakan  Pelantikan tersebut menjadi tonggak penting yang menandai dimulainya kiprah ibu-ibu dalam upaya bersama menumbuhkembangkan karakter anak sejak usia dini.

    "Pelantikan dan pengukuhan pada hari ini dilakukan pada jenjang kecamatan dan desa,  dimaksudkan agar upaya untuk mendorong dan meningkatkan edukasi sejak dini agar cakupan pendidikan yang diberikan dapat lebih luas lagi, terfokus. Disamping pengawasannya lebih ditingkatkan bagi upaya pemenuhan hak-hak anak  dalam mendapatkan kasih sayang dan pendidikan yang memadai".

    Dikatakan Bupati, pelantikan dan pengukuhan ini juga sejalan dengan ikhtiar pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Layak Anak yang baru-baru ini juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

    Agar kinerja PAUD dapat ditingkatkan, dukungan penuh instansi terkait, baik Dinas Dikbudpora, TP.PKK dan GOW kabupaten Bima dalam mencari formulasi yang tepat untuk mendukung keberadaan PAUD amat diperlukan. 

    Demikian halnya kepada Camat  dan pemerintah desa kiranya juga dapat memfasilitasi keberadaan PAUD ini, agar dapat tumbuh kembang sejalan dengan kebutuhan kita sebagai orangtua akan pentingnya lembaga pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Imbuh Bupati. 

    Sebelumnya,  Kepala Dinas Dikbudpora Zunaidin HI S.Sos MM  dalam laporannya mengatakan, jumlah PAUD di Kabupaten Bima yang telah memenuhi syarat dsn mendapatkan legalitas 730 layanan,  terdiri dari 334 layanan TK, 389 RKB, 20 PAUD sejenis dan 9 taman bermain/penitipan anak. 250 lembaga diantaranya sudah terakreditasi. 

    "Pelantikan PAUD ini merupakan upaya strategis untuk menjamin tumbuh kembangnya PAUD di seluruh pelosok kabupaten Bima  yang tersebar pada 191 desa.

    Bagaimanapun, investasi yang paling berharga ada pada anak-anak usia dini. Oleh karena itu, kelangsungan hidup suatu negara tergantung dari ruang yang diberikan kepada anak-anak usia dini usia 0 sampai 6 tahun". Imbuh Zunaidin. 

    Pelantikan dan pengukuhan ditandai dengan penyematan pin dan pemasangan selempang Bunda PAUD oleh Bupati Bima kepada para Bunda PAUD Kecamatan, dan hal yang sama dilakukan oleh Bunda PAUD Kecamatan kepada Bunda PAUD desa.(ZR-04).