• Kelas Inspirasi SMKN 2 Hadirkan Alumni, Wirausahawan Sukses

    Alumni SMKN 2 Kota Bima jurusan Teknik Mesin, Ardiansyah hadir sebagai narasumber dalam Kelas Inspirasi SMKN 2 Kota Bima, Selasa (23/11/2021).

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    Kelas inspiratif yang digagas SMKN 2 Kota Bima, menghadirkan seorang wirausahawan sukses pemilik bengkel
    V-Bike Sejahtera,
    Ardiansyah. Kelas inspirasi perdana ini digelar di aula SMKN 2 Kota Bima, Selasa (23/11/2021).

    Dihadapan para siswa, Ardiansyah yang juga alumni jurusan Teknik Mesin SMKN 2 Kota Bima, menceritakan pengalamannya menjadi seorang wirausaha.

    Dirinya mengaku, semua  berawal dari pilihannya untuk sekolah di Sekolah Teknik Menengah (STM) Bima yang kini menjadi SMKN 2 Kota Bima dan mengambil jurusan Teknik Mesin.

    "Ini sebagai pilihan terbaik saya untuk mewujudkan cita-cita menjadi ahli mesin. Sebagai modal menjadi seorang wirausaha di bidang perbengkelan," katanya.

    Hal itu didukung pula oleh orang tuanya yang saat itu memiliki usaha dibidang perbengkelan. Apalagi saat itu, STM atau SMKN 2 Kota Bima sebagai salah satu sekolah favorit bagi generasi muda dan para orangtua. Sehingga masuk di sekolah kejuruan apalagi jurusan mesin tidaklah mudah.

    "Memang sulit masuk STM waktu itu, 17 tahun lalu. Saya harus melampirkan piagam penghargaan sepak bola sebagai tambahan prestasi dengan harapan bisa diterima. Alhamdulillah, sayapun masuk di sekolah ini," cerita Ardiansyah.

    Bagi dia, menjadi siswa SMKN 2 Kota Bima menjadi kebanggaan tersendiri mengingat para lulusan sekolah ini memiliki keahlian dan skil mumpuni yang bisa langsung diaplikasikan di lapangan.

    Wajar saja, pemilik nama panggilan Ardian ini mampu menjawabnya dengan meneruskan usaha orangtua yang kini menjadi miliknya Bengkel V-Bike Sejahtera Kota Bima.
    Keahlian dan kemampuannya membongkar mesin sepeda motor mengantarkan dirinya sebagai pelopor dalam pembuatan sepeda listrik di Bima.

    "Ilmu yang saya dapatkan di sekolah ini bisa saya aplikasikan dengan baik di bengkel miliknya. Alhamdulillah saya pun bisa merakit sepeda listrik yang tidak bisa dilakukan lulusan sekolah lain," aku lulusan tahun 2005 ini bangga.

    Menurut Alumni jurusan Teknik Mesin ini, kendaraan listrik di Indonesia pasti akan diproduksi secara masal. Karena kendaraan listrik adalah solusi bagi negara kita supaya tidak tergantung dengan migas. Mengingat, APBN saat ini sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu siswa SMK harus mejemput bola dengan kebijakan perintahan dengan 4K yaitu kreatif, kritis, komunikatif dan kolaboratif.

    "Lulusan SMK sudah pasti memiliki kemampuan untuk itu. Maka kita tidak perlu ragu untuk melangkah dan menatap masa depan kita," terang Adrian.
    Baginya, sekolah di SMKN 2 Kota Bima telah memberi jalan kehidupan yang bisa merubah nasibnya. Dengan niat, ketekunan dan ilmu yang diperoleh mampu menjadikan dirinya sebagai salah seorang wirausaha sukses di Kota Bima ini.

    "Adik-adik sudah memilih sekolah yang tepat untuk masa depan kalian yaitu SMKN 2 Kota Bima ini," ujarnya disambut meriah para siswa yang hadir di aula sekolah.

    Dia menambahkan, lulusan SMKN 2 Kota Bima telah banyak melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang sukses. Tidak hanya dirinya, tetapi banyak para alumni yang juga sukses setelah tamat di sekolah ini.
    Tidak hanya itu, lulusan SMKN 2 Kota Bima juga bisa melanjutkan studi di berbagai jenjang pendidikan tinggi bahkan tidak sedikit yang menjadi anggota TNI dan Polri juga menduduki jabatan di berbagai lembaga khususnya di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu.

    "Jadi jangan ragu, adik-adik sudah memilih SMKN 2 Kota Bima ini sebagai pilihan masa depan yang lebih cerah. Jalan sudah terbuka untuk sukses, semua tergantung dari adik-adik sendiri. Yakin dan percaya, kesuksesan pasti akan diraih," tutup Adrian memberi semangat para siswa.

    Ratusan siswa SMKN 2 Kota Bima mengikuti Kelas Inspirasi perdana di aula sekolah setempat

    Sementara Kepala Sekolah Fathur Rahman, ST yang juga hadir
    dalam kelas inspirasi itu mengaku bangga dengan para alumninya. Mereka telah memberi warna dan contoh terbaik bagi adik-adiknya.
    Kehadiran salah seorang alumni dalam kelas inspirasi ini memberi bukti nyata bahwa SMKN 2 Kota Bima telah memberikan sumbangsih terbaik dalam melahirkan wirausaha-wirausaha muda di daerah ini.

    Dikatakan Fahur, kelas inspirasi sangat penting dilaksanakan, agar siswa termotivasi untuk berwirausaha, membuka dan menciptakan lapangan kerja sendiri.

    "Program ini akan terus dilaksanakan setiap semester. Ini warna baru untuk membangkitkan semangat para siswa untuk bersekolah di SMKN 2 Kota Bima," katanya.

    Program Kelas Inspirasi ini kata dia, mengundang profesional dari berbagai bidang untuk turut serta berkontribusi dalam dunia pendidikan. Mereka akan berbagi cerita, pengalaman dan memberi motivasi bagi siswa untuk meraih cita-cita mereka. (ZR.03)