• Peringatan HKN, Bupati IDP Minta Nakes Terus Melayani

         

    Kabupaten Bima, Zona Rakyat,- Setelah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan Peringatan Hari  Kesehatan Nasional (HKN) akibat Pandemi  COVID-19, Rabu (29/12) jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bima menggelar peringatan HKN tersebut di halaman kantor instansi setempat.  

    Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, yang didampingi Staf Ahli Bupati Iwan Setiawan SE, Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan S.Pd, para kepala Perangkat Daerah dalam arahannya mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan berharap seluruh jajaran bidang kesehatan khususnya tenaga kesehatan (Nakes) yang mengabdi pada 21 Puskesmas dan Poskesdes yang menyebar di seluruh desa untuk tetap bersemangat dalam bekerja dan terus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknyak.

    Untuk pelayanan kesehatan pada masing-masing Puskesmas,  juga diharapkan mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan membuat seluruh pegawai betah bekerja dalam maupun diluar jam kerja. “Pimpinan Puskesmas harus mau berbagi, bukan hanya secara finansial, tapi perhatian dan kesetaraan dalam lingkup kerja, selain itu agar setiap aset yang dimiliki itu dirawat.” Sambung Bupati.

    Dihadapan para Kepala Puskesmas, dokter,  bidan se kabupaten Bima, Pengurus Dharma Wanita Unit Dinas Kesehatan, serta staf lingkup Dikes Kabupaten Bima, Bupati secara khusus menyampaikan apresiasi kepada seluruh Nakes  atas kerja keras dan semangat luar biasa sehingga capaian vaksin yang diraih sesuai target, “ Saya mengapresiasi dan rasa bangga kepada seluruh pihak terkait karena bisa mencapai 70% untuk Vaksin pertama. Semangat tidak boleh kendor, dan vaksin kedua harus mencapai 50%, agar imunitas bisa terbentuk dengan baik.” himbau Bupati Bima.

    Pada akhir arahannya, Bupati meminta agar jajaran Dinas Kesehatan  meningkatkan  upaya sosialisasi kegiatan dan program sektor kesehatan pada semua tingkatan, hal ini kata Bupati penting dilakukan agar isu yang muncul ditengah masyarakat bisa dijawab dengan baik dan tidak menimbulkan masalah dan mampu menjabarkan  visi dan misi Bima Ramah.

    Sementara itu Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE, M.Si dalam pengantarnya mengatakan “ Resepsi hari yang dihelat merupakan bagian dari kebahagiaan jajaran  Dinas Kesehatan atas banyak prestasi yang diraih dan seluruh pihak terkait di tingkat kecamatan. Namun demikian, mantan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik ini  menghimbau agar pelaksanaan vaksinasi harus tetap dijalankan sesuai prosedur dan menerapkan prinsip kehati-hatian  vaksinasi bisa dicapai sesuai target". Tandasnya.

    Sejumlah keberhasilan yang telah diraih antara lain piagam akreditasi kepada Puskesmas Monta, eliminasi malaria untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Posga Delima 1 Desa Boke Kecamatan Sape, terbaik 1 Propinsi NTB dan Juara 2 Konvergensi Stunting Tk. Provinsi NTB. Selain itu, pada momen peringatan HKN tahun ini juga diserahkan Ambulan Public Safety Center (PSC 119) dan  Ambulan kepada RSUD Sondosia, Handy Talky  kepada 21 PKM dan  RS. Sondosia, Handphone kepada 21 PKM dan RS. Sondosia serta Penyerahan Peraturan Bupati (Perbup) PSC.

     Di akhir acara, Bupati Bima bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Staf Ahli, dan Kadis Kesehatan menyerahkan cinderamata kepada 9 ASN Purna  yang mengabdi pada sejumlah Puskesmas se-Kabupaten Bima yaitu Jaharuddin SKM (Woha), Siti Dumrah (Ambalawi), Ibrahim Usman Wawo), M. Saleh, M.AP (Madapangga), Syamsudin Amd.Kep (Langgudu), Nurdin (Ambalawi), Siti Syar’iah (Belo), Sri Dewi Nurtitah (Palibelo) dan Siti Sahari (Palibelo).(ZR-04).