• POSYANDU Delima 1 Desa Boke - Sape Juara I Tingkat NTB


    Mataram, Zona Rakyat, - Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) kesehatan Delima I  Desa Boke Kecamatan Sape yang menjadi duta Kabupaten Bima, berhasil meraih Juara I pada lomba Posyandu tingkat Provinsi NTB. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur NTB Nomor : 440-724 tahun 2021 tanggal 30 November 2021 tentang Penetapan Juara Lomba Posyandu Keluarga tingkat Provinsi NTB tahun 2021.

    Keberhasilan tersebut  juga mengantar Posyandu  tersebut meraih hadiah uang pembinaan Senilai Rp 50 juta, piala dan piagam penghargaan yang langsung diserahkan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah kepada Pemerintah Kabupaten Bima yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Bima Afifuddin, SE, MM pada puncak peringatan HUT ke-63 Provinsi NTB Jumat 17 Desember 2021 di Halaman Kantor Gubernur NTB. 

    Kepala Desa Boke Kecamatan Sape Rosmansyir, ST usai penerimaan hadiah dan penghargaan mengungkapkan, salah satu kelebihan Posyandu Delima 1 Desa Boke adalah adanya tiga layanan terintegrasi  sekaligus yaitu layanan Posyandu Keluarga, PAUD dan Bina Keluarga Balita (BKB), disamping adanya layanan daur ulang sampah plastik.

    "Terkait capaian lainnya Posyandu Delima I adalah  Inovasi Dana Sehat dan Kartu Sehat saat pelayanan di Posyandu tersebut, selain itu, yang tidak kalah penting adalah dukungan komponen Dana Desa dalam kegiatan Posyandu. Selain itu keterlibatan dan peran aktif mulai dari kader Posyandu Keluarga sampai dengan Pokja Posyandu yang terdiri dari Sekdes, KPM dan PKK desa menjadi modal penting Posyandu Delima meraih Juara I," Jelas Kades.

    Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Bima Tajudin SH, M.Si berharap, keberhasilan Posyandu Keluarga Delima I meraih prestasi  ini dapat menjadi contoh bagi Posyandu lain.

    "Diharapkan Posyandu delima I dapat memberi contoh bagi posyandu di Kabupaten Bima khususnya dan Propinsi NTB umumnya dalam memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna dan menjadikan Posyandu sebagai ujung tombak bagi peningkatan selamat kesehatan serta peran serta masyarakat dalam pembangunan desa," bebernya.( ZR - 04).