• Hebat, Kolaborasi Siswa dan Guru SMKN 2 Kota Bima Ciptakan Sepeda Listrik

    Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathur Rahman ST saat uji coba sepeda listrik buatan SMKN 2 Kota Bima

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    Satu lagi kehebatan SMKN 2 Kota Bima, mampu menciptakan inovasi baru berupa sepeda listrik. Hasil karya tersebut merupakan kolaborasi siswa dan guru SMKN 2 Kota Bima.

    Sepeda listrik yang belum diberi nama ini, pertama kali diuji coba oleh Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathur Rahman ST usai pelaksanaan upacara bendera, Senin (10/1/2022).

    Menurut Kepala SMKN 2 Kota Bima, Fathur Rahman ST, sepeda listrik ini adalah sebuah karya siswa dan guru dari kompetensi keahlian Teknik Pengelasan dan Teknik Bisnis Sepeda Motor.

    "Kedua kompetensi ini berkolaborasi melibatkan siswa dan guru. Sehingga mampu menciptakan sebuah sepeda bertenaga listrik," jelasnya ditemui di sekolah setempat, Rabu (12/1/2022).

    Kehadiran sepeda listrik ini kata Fathur menambah karya inovasi dari siswa dan guru SMKN 2 Kota Bima. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak dan guru SMKN 2 Kota Bima memiliki kemampuan yang selama ini tidak disadari banyak orang.

    "Pembuktian bahwa anak-anak kita mampu bersaing dengan anak-anak daerah lain dalam hal inovasi dengan ide-ide cemerlang seperti ini," ungkap Fathur bangga.

    Ditambahkan pria yang murah senyum ini, sesungguhnya menghadirkan ide-ide brilian melalui berbagai inovasi itu adalah sebuah proses besar. Yang tentunya hanya dapat diwujudkan dengan adanya kemauan dan kerja keras.

    "Apa yang kita wujudkan dengan sepeda listrik ini sebagai bukti, bahwa kita mampu berkarya. Jadi, jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah ada tetapi kita harus terus menghadirkan hal-hal baru yang fenomenal kedepannya," harap Kepala SMKN 2 Kota Bima penuh semangat.

    Salah seorang anggota Tim Inovasi Herman Susilawan ST menjelaskan, proses pengerjaan dari awal sampai finising membutuhkan waktu selama 1 bulan. Namun hal itu belum termasuk untuk ide dan gagasannya.

    "Ide sepeda listrik ini, muncul saat kondisi BBM langka terutama dihapusnya penggunaan premium," terangnya.

    Dirinya juga mengaku, sepeda listrik ini sebagai langkah awal dalam pengembangan kendaraan roda tiga bertenaga listrik.

    'Semoga kedepan rencana besar ini bisa terwujud," harap Herman yang juga Kepala Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor. (ZR.03)