• Breaking News

    SELAMAT BERJUANG RELAWAN ANIES BASWEDAN UNTUK NKRI

    MUNIR HUSEN
    (Anggota DPRD Kota Bima periode 2004-2009 Partai Keadilan Sejahtera)

    Istilah Relawan sebenarnya jauh sebelum reformasi ada misalnya, relawan peduli Aceh disaat gelombang sunami. Relawan PMI disaat bakti sosial,  relawan demokrasi pada saat Pemilu. Relawan tersebut populernya disaat reformasi 1998. Relawan itu tergantung sungguh dari situasi dan kondisi riil yang ada. Semua aktivitas sosial terminologinya sama yaitu “Relawan”.
    Kepopuleran magnet relawan justru terjadi pada saat pemilihan presiden Indonesia, teminologi relawan membahana diseluruh NKRI. Setiap calon presiden memiliki istilah relawan yang berbeda satu dengan lainnya. Hanya saja semangat mengabdi menjadi relawan dipersembahkan sebagai pengadian yang bernilai ibadah. Karena relawan itu bukan pada orinetasi profit.
    Relawan tumbuh dan bermertamerfosa bagaikan warna pelangi disaat hujan grimis turun membasahi bumi yang kering. Ketika ide dan gagasan sama untuk mewujudkan perjuangan bersama dalam ikatan perjuangan yang sama, untuk memenangkan perjuangan calon Presiden.
    Ada beberapa ciri-ciri relawan adalah : Responsif terhadap setiap kesempatan berkontribusi dalam aktivitas sosial, Komitmen untuk terlibat dalam kegiatan kerelawanan relatif lama, Personal coast tinggi. Prihal coast dalam hal ini termasuk waktu, tenaga dan materi, Masyarakat sasaran lembaga pengelola relawan adalah masyarakat yang tidak dikenali sebelumnya, Aktivitas-aktivitas kemanusiaan relawan dilakukan bukan sebagai suatu keharusan, akan tetapi sebagai kesukarelaan. (Snyder : 2009).
    Ditengah gemuruhnya relawan diberbagai capres saat ini, tergantung choice masing-masing, kita akan menjadi relawan Capres yang mana ?. Itulah pertanyaan yang menggelitik pada masing-masing person relawan untuk menentukan pilihan Capres. Salah satu diantara capres saat ini adalah relawan Anies Baswedan. 
    Mari bersama menghimpun diri  menjadi relawan relawan Anies Baswedan calon Presiden RI Tahun 2024. Menjadi relawan itu lebih banyak susahnya bayangkan perkerjaan non stop mulai dari sekarang sampai pada hari pencoblosan. 
    Pekerjaan ini adalah pekerjaan sukarela tanpa upeti bahkan sebaliknya pembiayaannyapun menjadi patungan asal kegiatan relawan dapat berjalan lancar. Motivasi kebersamaan relawan ini menjadi kekuatan yang bisa menerobos lorong buntu yang tersumbat. Artinya relawan bekerja keras untuk mewujudkan impian kemenangan calon presiden Anies Baswedan.
    Jika diandaikan relawan seperti kumpulan lidi yang terhimpun menjadi satu kesatuan sehingga menjadi sapu lidi, yang memiliki kekuatan 100 kali lipat dari lidi maka akan nampak perjuangan relawan Anis Baswedan menjadi kekuatan tempur yang cukup signifikan.
    Jadi relawan Anies Baswedan adalah relawan prima bekerja sepenuh hati tampa pamrih untuk mewujudkan cita-cita NKRI bagi seluruh rakyat Indoensia tanpa perbedaan suku, bangsa dan agama. Memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan untuk mewujudkan cita-cita besar ini melakukan perubahan disegala bidang. 
    Dan Kita bukanlah siapa-siapa, hanya sebagai segelintir warga negara yang terpanggil atas kesadaran sendiri ikut berjuang untuk calon Presiden RI 2024. Jadi relawan  bersama barisan Anies Baswedan adalah relawan NKRI. Mari Kita kokohkan persatuan dan kesatuan untuk menjadi relawan tangguh Anies Baswedan dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju NKRI adil dan makmur. 
    Untuk mewujudkan semua ini, relawan berada pada garda terdepan untuk bersama-sama berjuang agar Anies Baswedan menjadi Presiden RI 1 didalam pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang Allahu Akbar. Maka relawan mulai saat ini sudah mulai melakukan konsolidasi, kumunikasi dan sosialisasi dengan massa yang akan berpartisipasi pada saat kontestasi Pilpres 2024.
    Relawan memiliki komunikasi politik dengan stakenholder yang cukup apik. Komunikasi politik inilah yang selalu menjadi modal relawan ketika ingin menarik massa. Massa adalah merupakan ujung tumbak demokrasi yang memiliki peranan yang menentukan dalam konsep negara demokrasi.
    Relawan adalah individu yang rela memberikan tenaga atau jasanya, baik itu berupa kemampuan maupun waktunya tanpa mendapatkan upah secara finansial tanpa mengharapkan keuntungan materi dari organisasi pelayanan yang menggorganisasi suatu kegiatan tertentu secara formal. Selain itu kegiatan dri relawan tersebut bersifat sukarela tanpa adanya harapan akan imbalan ekternal. (http://lib.unes.ac.id) 
    Luar biasa tugas relawan pejuang Anies Baswadan tanpa tanda jasa, tampa pamrih, semua ini menjadi modal dasar perjuangan untuk memenangkan Anies Baswedan. Eksistensi Anies Baswedan sebagai calon pemimpin menjadi niscaya dan tidak bersifat abu-abu bagi bangsa Indonesia dan negara.
    Dengan modal dasar inilah para relawan Anies Baswedan akan melakukan ajakan, sosialisasi agar masyarakat dapat berpartisipasi pada saat pesta demokrasi di tahun 20024. Sebab partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan calon pemimpin. 
    Oleh karena itu perlu pendidikan politik yang harus diketahui oleh masyarakat agar pada saat pelaksanaan pesta demokrasi tidak asal memilih dan hanya ikutan saja, tidak membeli kerbau dalam kubangan. Pendidikan politik yang baik akan menciptakan masyarakat yang cerdas sehingga mereka tidak salah pilih dalam memilih pemimpin.
    Tiada demokrasi tanpa partisipasi warga, sebab partisipasi merupakan esensi dari demokrasi. Partisipasi atau keterlibatan masyarakat dalam berpolitik merupakan ukuran suatu negara. Dapat kita lihat dari pengertian demokrasi tersebut secara normatif, yakni pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. (Mochtar Mas’oed 2003).
    Modal kejujuran relawan ini menjadi ruang terbuka luas untuk melakukan door to door bergerilya tanpa batas, tanpa mengenal lelah menemui pemilih. Modal politik kejujuran inilah yang dimiliki oleh relawan untuk memenangkan Anis Baswedan sebagai Presiden RI.
    Jika dilihat dalam tataran das sallen relawan mampu mendekati dan menjaring para pemilih yang belum disentuh oleh tim maupun pasangan calon.  Keahlian relawan melampaui keahlian dari anggota partai politik. Pemilih lebih suka dan senang jika didekati oleh relawan. Saat ini relawan adalah merupakan magnet  bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden , disamping partai penggusung dikancah perpolitikan nasional.
    Relawan adalah Individu yang rela memberikan tenaga atau jasanya, baik itu beruapa kemampuan maupun waktu tanpa mendapatkan upah secara finansial tanpa mengharapkan keuntungan materi dari organisasi pelayanan yang mengorganiasi suatu kegiatan tertentu secara formal. Selain itu kegiatan relawan tersebut bersifat sukarela tandanya harapan akan imbalan eksternal (Rizkiawati :2017).
    Tugas berat relawan dalam rangka dapat merangkul serta melibatkan peran masyarakat agar bisa memilih calon Presiden Anies Baswedan, sehingga relawan Anies Baswedan dapat memberikan pendidikan politik yang sarat dengan high polities. 
     Figur Anies Baswedan adalah figur pemimpin yang jujur bukan karena dipoles oleh media sosial, tapi jujur karena faktanya. Figur Anies Baswedan adalah fugur pemimpin yang ikhlas kerja untuk bangsa dan negara. Figur Anies baswedan telah menujukkan bukti karena prestasi didalam memimpin Jakarta yang dirasakan oleh warga jakarta. 
    Inilah yang menajadi tugas relawan Anies Baswedan bagaimana cara membingkai dan formulasi taktik dan strategi agar masyarakat meyakini bahwa figur Anies baswedan figur calon Presiden RI, yang tidak diragukan kemampuannya. Allahu Akbar...!
    Wallahualam bisyawab.
    (Pimpinan Umum Media Zona Rakyat Bima)

    Tidak ada komentar