• Breaking News

    Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga Pengawasan dan Deklarasi Pemilu Damai


    Kota Bima, Zona Rakyat. - Jelang satu tahun menuju pemilu 2024, Bawaslu Kota Bima menggelar Apel Siaga Pengawasan pemilu 2024 dan deklarasi pemilu damai, Selasa (14/2/2023) di Chandra Hall Hotel Camelia Kota Bima.

    Apel siaga pengawasan dirangkaikan dengan soft launching Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu" dan Launching Posko Kawal Hak Pilih. 

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bima Muhaemin, Asrul Sani dan Idhar, Asisten I Setda Kota Bima Drs H Gawis, Kepala Kesbangpol Kota Bima Dr Muhammad Hasyim, Perwakilan Pengadilan Negeri Bima, Ketua FKUB Kota Bima Drs Mahmud, Wakil Rektor UM Bima Syamsudin SH MH, Perwakilan Rektor Universitas Mbojo Bima Abdul Kadir MAp, Ketua KNPI Kota Bima Djulhijjah, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Bima Subahan ST, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan beserta staf, Anggota Panwaslu Kelurahan se-Kota Bima, media massa, kader pengawas partisipatif, jejaring pengawas partisipatif dan sejumlah undangan lainnya. 

    Baca juga

    FEDO Terpilih Sebagai Ketua SAS

    Diduga Kuasai Shabu, Seorang Pria di Kota Bima Diamankan Tim Cobra Bravo Sat Narkoba Polres Bima Kota 

    Resahkan Masyarakat, Pemilik Akun Palsu Raja Kalila Berhasil Diamankan Gabungan bersama Masyarakat Sadar Hukum

    Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin mengatakan, Apel Siaga Pengawasan yang digelar sebagai bentuk kesiapan Bawaslu Kota Bima menuju satu tahun menuju hari pemungutan dan penghitugan suara Pemilu 2024 mendatang.

    Sejumlah kesiapan Bawaslu Kota Bima kata Muhaemin diantaranya adalah kesiapan regulasi yang akan menjadi landasan hukum bagi Bawaslu dan jajaran pengawas adhoc dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. Tidak hanya UU 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Bawaslu, Peraturan KPU, Surat Edaran, Keputusan Bawaslu, Keputusan KPU, tetapi alat kerja pengawasan (AKP) juga menjadi penting dalam melaksanakan pengawasan. 


    Selain itu kesiapan SDM Pengawas Pemilu juga tidak kalah pentingnya, dimana Bawaslu telah membentuk Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan yang akan siap mengawasi setiap tahapan Pemilu. Pada saatnya nanti akan dibentuk jajaran Pengawas TPS yang akan mengawasi di masing-masing TPS yang ada di Kota Bima.

    Profesionalitas dan integritas pengawas pemilu juga menjadi bagian yang harus disiapkan. Pengawas pemilu harus memahami regulasi terkait penyelenggaraan pemilu. Bawaslu Kota Bima terus melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas jajarannya dengan berbagai kegiatan, termasuk melakukan supervisi di jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan. 

    Hal lain yang dilakukan Bawaslu Kota Bima adalah membangun kerjasama dengan membuat MoU dengan Perguruan Tinggi yakni Universitas Muhammadiyah Bima, dan Universitas Mbojo Bima juga dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima.

    "Kedepan kita akan terus membangun kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder lainnya dalam rangka bekerjasama guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan partisipatif pemilu 2024," jelasnya.

    Muhaemin juga membeberkan, bahwa pihaknya telah membentuk 10 jejaring pengawas partisipatif di 10 Kelurahan di Kota Bima yang beranggotakan generasi milenial. Dari 10 jejaring ini, mereka beranggotakan 10 orang sehingga jumlah yang tergabung di dalamnya sebanyak 100 orang. 

    "Kita akan terus membangun jejaring ini di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Bima," katanya.

    Diakhir sambutanya Ketua Bawaslu Kota Bima meminta agar pemerintah, kepolisian, TNI, ormas, KNPI, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama dan stakeholder lainnya untuk secara bersama bergerak mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif.

    "Kita tidak mungkin bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Harapannya dengan keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam pengawasan partisipatif maka pemilu yang damai dan berintegritas akan kita wujudkan bersama," harapnya.

    Dalam apel siaga dan kampanye pemilu damai dan berintegritas itu, sejumlah pihak juga menyampaikan sambutannya.  Diawali oleh Walikota Bima melalui Asisten I Setda Kota Bima Drs H Gawis, Kepala Kesbangpol Kota Bima Dr Muhammad Hasyim, Wakil Rektor UM Bima, Perwakilan Universitas Mbojo Bima, Ketua FKUB dan Ketua KNPI Kota Bima.

    Semua pihak dalam sambutanya menyatakan mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Bawaslu Kota Bima.

    Apel siaga pengawasan, soft launching Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu" dan Launching Posko Kawal Hak Pilih ditandai dengan membunyikan sirine. 

    Sementara deklarasi kampanye pemilu damai dan berintegritas dibacakan Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani dan diikuti seluruh peserta yang hadir di Chandra Hall Hotel Camelia Kota Bima.

    Usai deklarasi, dilakukan penandatanganan deklarasi kampanye pemilu damai dan berintegritas dan foto bersama. (ZR.04)

    Tidak ada komentar