• Breaking News

    Komunitas MGMP IPS Kota Bima Gelar Try Out OSN

    Komunitas MGMP IPS Kota Bima saat gelar TRY Out OSN di Aula Perpusda Kota Bima, Ahad (14/05/2023). 

    Kota Bima, zonarakyat.- Komunitas MGMP IPS Kota Bima menggelar Try Out Olimpiade Sains Nasional (OSN) Mata Pelajaran IPS SMP/MTs se Kota Bima, Ahad (14/05/2023) di Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima. Kegiatan yang diikuti 42 orang dibuka secara resmi Pengawas Pembina IPS, Irfan, S.Pd., mewakili Dinas Dikpora Kota Bima.

    Dalam sambutannya, Irfan mengaku bangga dengan kegiatan yang digagas MGMP IPS, karena satu satunya di Kota Bima khususnya sudah memikirkan bagi peningkatan kualitas peserta OSN agar bisa menembus hingga ke tingkat Nasional. 

    "IPS sudah selangkah lebih maju dalam persiapan calon peserta OSN yang akan mewakili Kota Bima. Karena itu saya bangga sebagai bagian dari IPS," ungkapnya.

    Ia berharap, semoga ada wakil dari Kota Bima yang tembus sampai ke nasional untuk OSN IPS. Untuk itu, ia meminta seluruh peserta agar belajar dan memanfaatkan dengan sungguh-sungguh kesempatan yang diberikan MGMP IPS. "Di MGMP IPS banyak instruktur, pengajar praktik, dan guru penggerak, jadi ambil semua ilmunya dari guru-guru IPS Kota Bima," harapnya.

    Ketua MGMP IPS Kota Bima, Maria Ulfah, S.Pd., mengatakan, kegiatan try out ini akan menjadi agenda rutin tiap tahun. Untuk itu mohon dukungan dari anggota MGMP IPS yakni guru-guru IPS se Kota Bima, baik yang ASN maupun non ASN.

    "Dalam komunitas kita terdata 100 lebih guru IPS, namun yang terlihat aktif separohnya. Ayo teman-teman gabung lagi, masih banyak yang akan diperbuat untuk anak-anak kita," pinta guru SMP 7 Kota Bima ini.

    Kata dia, pelaksanaan try out berlangsung 90 menit, dengan jumlah soal 60 butir. Usai try out akan dilihat soal-soal yang diangap sulit untuk dilakukan pembahasan dan pendalaman. "Peserta dapat tambahan pemahaman soal-soal yang sulit dari panitia," jelasnya.

    Ia menambahkan, pendanaan kegiatan try out OSN ini murni swadaya guru-guru IPS dan untuk snacknya dari peserta sendiri. Jika sukses acara ini, kedepan akan dibuat lebih baik lagi terutama pembahasan soal dan pembinaannya agar lebih menghadilkan calon peserta OSN IPS yang berkualitas untuk mewakili Kota Bima. (ZR-03)

    Tidak ada komentar