• Breaking News

    Satu Lagi Prestasi Pemkot Kelurahan Lewirato Wakili NTB Lomba Kelurahan Tingkat Nasional


    Oleh 

    Munir Husen

    Caleg DPRD Kota Bima Dapil IV Kecamatan Asakota 


    A. Munir Hariadin Lurah termuda di lingkup Pemkot Bima dilantik oleh Walikota Bima Muhammad Lutfi sabagai Kepala Kelurahan Lewirato, tampilan sederhana terlihat biasa saja, santai. Seperti padi semakin berisi semakin tunduk, jauh dari sifat jumawa.

    Selesai dilantik oleh Wali Kota Bima, Lurah Lewirato langsung tancap gas dan action. Mengumpulkan semua stafnya, melakukan konsolidasi internal dalam rangka melaksakan tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur Kelurahan. 

    Melakukan rapat kordinasi program kerja, disusun secara sistimatis serta melaksanakan tugas pokok dan fungsi kelurahan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan mewujudkan Kelurahan Lewirato yang maju, indah dan bersih dari sebelumnya.

    Kesuksesan A. Munir Suriadin sebagai Luruh Lewirato mampu merumuskan dua aspek mendasar yaitu aspek menejemen SDM di tingkat kelurahan yang stagnan menjadi aspek SDM progresif. Aspek inovasi program kerja menghasilkan prestasi gemilang dibidang inovasi untuk memudahkan pelayanan masyarakat.

    Ada dua jenis inovasi Keluruhan Lewirato sebagai terobosan baru, yaitu pertama, inovasi “Surat Mandiri. Artinya surat tersebut dalam rangka untuk mendekatkan serta memudahkan pelayanan masyarakat baik di Lewirato maupun masyarakat yang berada diluar daerah dengan cara  bisa diakses secara online.

    Kedua yaitu inovasi alat penghemat listrik Maxstrom, alat ini memberi kemudahan bagi pelanggan listrik daya rendah untuk bisa menghemat menggunakan peralatan tersebut. Disamping itu, Kelurahan Lewirato juga ada program anti riba dengan menumbuhkan gerakan koperasi syariah. (https://brida.bimakota.go.id). 

    Kebersamaan Lurah Lewi Rato bagaikan grup paduan suara, seia sekata bekerja sepenuh hati dengan staf. Memilki hubungan emosional dengan semua unsur, masyarakat, RT, RW, Babinkantibmas dan Babinsa secara linier. Disinilah tersimpan potensi yang dimiliki oleh Lurah Lewirato

    Potensi dan prestasi Lurah Lewirato, mampu membawa nama Kota Bima dilevel Nasional bukanlah pekerjaan gampang. Tahapan lomba yang sangat ketat, dilaluinya sampai pada titik kulminasi finis. Kelurahan Lewirato adalah sang jawara di NTB. Prestasi dan reputasinya membawa harum nama Kota Bima saat ini, sehingga perlu  diapresiasi.

    Prestasi seorang pemimpin itu bukan dihadiahi oleh team lomba, bukan direkayasa melainkan dengan ide, gagasan, inofasi dan motivasi. Sehingga menumbuhkan girah Lurah dan jajarannya serta dukungan masyarakat Lewirato sebagai modal utama meraih kemenangan.

    Kita harus obyektif melihat prestasi pejabat, agar hasil kerjanya ditentukan oleh kepribadiannya disaat menjabat. Prestasi bukan karena kedekatan, bukan pula dikarbit, melainkan dengan kerja keras. Pejabat jangan sekali-kali  menunjukkan expressing like  and dislike terhadap staf apalagi pada masyarakat. 

    Jika pejabat berprestasi harus didukung dan sebalik jika program kerja pejabat stagnan maka perlu dikoreksi dan diberi masukan, tidak ada sifat tendensius  didalam memberi maskukan apalagi kebencian jauh apa dari panggang.

    Jika kelurahan Lewirato mewakili NTB di tingkat Nasional adalah wajar karena persiapan lomba tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat Kota Bima dan tingkat prop NTB dipersiapkan dengan matang. Sehingga Kelurahan Lewirato menjadi duta Kelurahan yang lolos ke tingkat nasional.

    Ajang lomba kelurahan tingkat nasional ini adalah event yang sangat  bergengsi, setiap tahun dilaksanakan. Tahun ini Kelurahan Lewirato telah membuktikan prestasi akademik kelurahan yang mengalahkan Kelurahan se NTB bukan perkara yang mudah.

    Capaian prestasi Keluruah Lewirato ini menjadi contoh dan semangat untuk kelurahan-kelurahan yang tertunda prestasinya, semoga dimasa event lomba tingkat kelurahan yang akan datang, kelurahan lain dapat melampaui prestasi kelurahan Lewirato dengan konsep. Kerja- kerja dan kerja.

    Selamat kepada Lurah Lewirato telah membawa nama baik Kota Bima atas prestasi dan reputasinya menjadi jawara Kelurahan Lewirato mewakili NTB di tingkat nasional Kelurahan Lewirato akan masuk pada nominasi juara (...!).

    Allahu musta’an

    Fastabiqul Khairat.




    Tidak ada komentar