• Breaking News

    PPID Utama Kabupaten Bima Terima Visitasi KI NTB

     


    Kabupaten Biam, Zonarakyat - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Ir. Syaifuddin selaku Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima yang didampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi (KPDI) H. Suaeb Yakub, S.Sos, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Arief Rahman, SH.,M.H serta Pejabat Fungsional Humas Ahli Muda, Muhammad Syahdan, ST -- Siti Nurmaeni, SE, Pejabat Fungsional Manggala Informasi, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng serta Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) PPID Kab. Bima menerima Rombongan Komisioner Komisi Informasi Provinsi NTB, Selasa (07/11/2023) di Desk Layanan PPID Kab. Bima pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima.

    Kunjungan Komisi Informasi dimaksudkan dalam rangka pelaksanaan tahapan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) Provinsi NTB Tahun 2023. Penilaian Visitasi Monev KIP Tahun 2023 meliputi Komitmen, Inovasi, Strategi, Sarana Prasarana dan Digitalisasi dalam Pelayanan Informasi Publik. 

    Diuraikan Ir. Syaifuddin dalam sambutaanya, bahwa pelaksanaan pelayanan informasi publik melalui PPID Kab. Bima mencakup beberapa aspek, yakni aspek akses pelayanan informasi publik yang berkualitas, menetapkan standar operasional layanan, memastikan layanan informasi publik secara cepat, tepat dan sederhana serta penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan keamanan informasi.

    Ditambahkannya, prioritas PPID Kab. Bima di tahun 2023 meliputi penyelenggaraan pelayanan, tata kelola, penguatan peran dan fungsi PPID termasuk didalamnya peningkatan kapasitas sumber daya pelayanan.

    Diakuinya, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima memiliki keterbatasan terkait anggaran. Kondisi ini juga dialami hampir semua perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bima. Namun, ditengah keterbatasan anggaran PPID Kab. Bima terus berkomitmen dalam peningkatan kualitas layanan publik secara cepat dan tepat.

    “Menjadi tugas dan wewenang utama kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dalam rangka peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Bima, “ tegasnya mengahiri sambutannya.

    Pada kesempatan yang sama, Kabid KPDI H. Suaeb Yakub, S.Sos dalam presentasinya memaparkan kebijakan dalam peningkatan pelayanan informasi publik. Disamping terus berupaya meningkatkan sarana prasarana juga fokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia termasuk didalamnya peningkatan petugas layanan informasi.

    “Pelatihan dan pendampingan dititikberatkan pada petugas layanan dalam tujuan peningkatan kualitas layanan, baik petugas pada PPID Utama, PPID OPD, PPID Desa serta PPID Layanan Dasar, “ urainya.

    Muhammad Syahdan, ST juga berkesempatan memaparkan capaian-capaian kegiatan PPID Kabupaten Bima kurun waktu tahun 2023. Tercatat, PPID Utama melakukan pendampingan pada 10 (sepuluh) PPID Desa dan penguatan PPID layanan dasar di Kabupaten Bima. 

    “Patut dibanggakan. Desa Boke terpilih menjadi Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) 2023, dan akan mewakili Provinsi NTB bersama 3 (tiga) Desa lainnya di Propinsi NTB ke Tingkat Nasional, " lugasnya.

    "Penguatan dan optimalisasi penggunaan portal website, kanal Media Sosial serta hadirnya inovasi Sistim Informasi Bima Satu Data (SIBISA) yang menghipun seluruh data sektoral menjadi akses dalam peningkatan layanan informasi secara cepat, tepat dan sederhana, “ tutupnya. (ZR05) 

    Tidak ada komentar