• Breaking News

    Serahkan Bantuan PKH, HM Rum Rancang Yayasan Pemkot Beramal

    Pj Wali Kota Bima foto bersama usai menyerahkan bantuan PKH di Kelurahan Rite

    Kota Bima, Zona Rakyat
    .-
    Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Rite mendapat bantuan pemberdayaan masyarakat dari Pemerintah Kota Bima. Bantuan tersebut diserahkan langsung Penjabat Wali Kota Bima H Mohammad Rum, Selasa (11/6/2024).

    Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi program Dinas Sosial Kota Bima yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat setempat.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Kepala DP3A Kota Bima, Camat Raba, serta lurah se-Kecamatan Raba.

    Program pemberdayaan ini menyasar PKH di Kelurahan Rite dengan memberikan peralatan stimulan yang dirancang untuk mendorong kegiatan perekonomian warga serta menunjang pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah masyarakat.

    H Mohammad Rum menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan pemberdayaan ekonomi.

    "Bantuan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi warga untuk lebih giat dalam mengembangkan usahanya, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga dan lingkungan sekitar," ujarnya.

    Pemberian bantuan ini juga memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif bagi masyarakat terutama penyandang disabilitas, lansia dan keluarga harapan dalam menyokong kemandirian ekonomi keluarga.

    "Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk menyusun skema bantuan dan mendorong terwujudnya program Yayasan Pemkot Beramal untuk mengatur tata kelola bantuan sosial seperti ini," tambah HM Rum.

    Kepala Dinas Sosial Kota Bima Yuliana menambahkan, program ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup warga.

    "Dengan adanya dukungan berupa peralatan stimulan ini, kami berharap para penerima PKH dapat lebih produktif dan mandiri secara ekonomi," harapnya.

    Selain pemberian bantuan, acara ini juga menjadi ajang untuk berdiskusi dan bertukar pikiran antara pemerintah dan masyarakat terkait upaya pemberdayaan yang lebih efektif di masa mendatang.

    Kepala DP3A Kota Bima menyatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan dan keberhasilan program tersebut, dan siap memberikan bimbingan dan pelatihan lanjutan bagi para penerima manfaat.

    Kegiatan pemberdayaan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Kelurahan Rite. Mereka menyampaikan rasa syukur dan harapannya agar bantuan ini dapat meningkatkan usahanya dalam bidang kuliner lokal. Mereka juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah peduli dan memberikan bantuan.

    Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat semakin kuat dalam menciptakan lingkungan yang sejahtera dan mandiri, sesuai dengan visi dan misi Kota Bima dalam membangun kesejahteraan sosial yang berkelanjutan dan inklusif. (ZR.04)

    Tidak ada komentar