• Breaking News

    Puluhan Ribu Peserta Meriahkan Rimpu Mantika Kota Bima

    Para peserta saat mengikuti festival rimpu Mantika, Sabtu (27/4/2024)

    Kota Bima, zonarakyat.com.-
    Sekitar p
    uluhan ribu peserta mengikuti Rimpu Mantika tahun 2024 yang digelar, Sabtu (27/4/2024). Kegiatan yang dilepas Penjabat Wali Kota Bima H Mohammad Rum di jalan Soekarno Hatta tepatnya di Taman Ria Keluarahan Manggemaci Kota Bima.
    Pantauan Zona Rakyat, peserta dilepas sekitar pukul 07.00 Wita melalui jalan Soekarno Hatta melewati Kelurahan Manggemaci, Monggonao, Pane juga Paruga, dan finis di Lapangan Serasuba Kota Bima.
    Sepanjang jalan peserta mengenakan rimpu baik rimpu colo maupun rimpu cili oleh peserta perempuan. Sementara peserta laki-laki ada yang mengenakan sambolo, baju tenun, juga sarung tenun khas Bima. Tidak saja orang tua, siswa, siswi juga anak-anak turut meriahkan festival rimpu mantika tersebut.
    Terlihat para peserta berasal dari berbagai kelompok, paguyuban, sekolah, Organisasi Perangkat Daerah, Dinas dan Badan, BUMN, BUMD, Kecamatan, Kelurahan, Karang Taruna, Majelis Ta'lim, maupun masyarakat umum antusias mengikuti pawai rimpu mantika.

    Sebelumnya Festival Rimpu Mantika tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

    Lapangan Serasuba Kota Bima sebagai finis bagi para peserta dalam kegiatan pawai rimpu tersebut. Di tempat tersebut dijadikan sebagai pusat Festival Rimpu Mantika tahun 2024 yang merupakan program tahunan Pemerintah Kota Bima dan menjadi Kalender Event Nasional (KEN). 
    Ratusan stan dari Dinas, Badan, Perguruan Tinggi, BUMN, Sekolah dan sejumlah UMKM menjajakan berbagai produk unggulan masing-masing seperti makanan, minuman, souvenir, dan berbagai informasi lainnya. Semua dapat dimanfaatkan oleh para peserta rimpu yang sudah sampai di tempat finis Lapangan Serasuba Kota Bima. Sembari menunggu undian doorprize yang sudah disiapkan panitia seperti kulkas dan hadiah utama berupa sepeda motor.
    Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, M Natsir mengatakan, antusiasme masyarakat Kota Bima mengikuti festival rimpu sangat luar biasa. Apalagi Festival Rimpu Mantika ini masuk sebagai event Nasional.
    "Sungguh luar biasa antusiasme masyarakat Kota Bima termasuk warga Kota Bima dari berbagai kelompok etnis dan paguyuban. Mereka juga ikut meriahkan festival rimpu ini," ujarnya.
    Dirinya berharap agenda seperti ini harus disambut gembira dan antuasias seluruh masyarakat Kota Bima. Kita harus menjadi bagian yang selalu memelihara juga mengembangkan adat istiadat dan budaya yang dimiliki.
    "Kita harus bangga dengan budaya yang dimiliki. Kita pun harus bangga menjadi orang Bima," ajak Kadis Pariwisata Kota Bima. (ZR.03)

    Tidak ada komentar