• Insan Kamil Gelar Seminar Parenting, Hadirkan Trainer Nasional

    Praktisi Parenting saat memberikan materi pada seminar Parenting di SDIT Insan Kamil, Sabtu (21/10).


    Kota Bima (Zona Rakyat)-Sekolah Islam Terpadu (SIT) Insan Kamil menggelar seminar parenting, Sabtu (21/10) di halaman sekolah setempat. Menghadirkan pembicara nasional yang juga Praktisi Parenting Karakter Indonesia, Aning Rahmawati ST dan diikuti guru juga orangtua siswa SDIT dan TKIT Insan Kamil.
    Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP mengatakan, seminar parenting merupakan kegiatan rutin minimal satu kali setahun di SDIT Insan Kamil.
    Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada orang tua siswa bagaimana pola asuh yang baik. Karena kunci pengasuhan itu adalah orang tua.
    Sementara praktisi parenting karakter Indonesia, Aning Rahmawati ST mengaku bersyukur bisa hadir di Kota Bima. Kehadiran dirinya dalam seminar parenting mengangkat tema “Menjadi Orangtua Pembelajar untuk Anak-anak Cerdas, Tangguh dan Penghafal Al-Quran”. 
    Aning yang juga sebagai Keluarga Penfhafal Al-quran ini mengingatkan bahwa pola asuh anak dimulai sejak usia 3 hingga 7 tahun. Usia ini akan sangat menentukan masa depan anak. 
    “Pola asuh terbaik anak adalah berdasarkan Al-quran dan Assunah,” ingatnya.
    Jika kita memiliki hutang pengasuhan terhadap anak, maka cara terbaik adalah membayar hutang-hutang pengasuhan itu dengan kasih sayang tanpa syarat terhadap anak.
    Kata dia, yakinkan anak kita bahwa orangtuanya ada untuk membantu mereka. Sehingga mereka tidak mencari bantuan di tempat lain yang tidak bertanggung jawab. 
    “Jangan jadikan diri kita sebagai orangtua yang menjadi sumber masalah bagi anak. Bentuk dan tempa diri kita menjadi orang tua sebagai sumber solusi bagi anak-anak kita,” tutur Trainer Nasional ini. 
    Dalam seminar sehari itu, orang tua juga diberi kesempatan untuk bertanya dan bercerita tentang bagaimana pola asuh anak yang dilakukan. Bahkan orangtua juga mengaku banyak berhutang pengasuhan terhadap anak selama ini. (ZR.01)