• 36 Calon Panwascam Akan Ikuti Tes Wawancara

    Muhaimin SPdI (Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kota Bima)

    Kota Bima (Zona Rakyat).-Sebanyak 36 orang calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) lulus tes tulis. Mereka tersaring dari 64 orang peserta yang mengikuti tes tulis pada 17 Oktober lalu di SMPN 1 Kota Bima.
     Calon anggota Panwascam yang lulus tes tulis tersebut akan mengikuti tahapan akhir tes wawancara. Untuk menentukan 3 orang yang terpilih sebagai anggota Panwascam di 5 kecamatan yang ada di Kota Bima.
    “Mereka akan ikuti tes wawancara yang kita jadwalkan pada tanggal 25 dan 26 Oktober di hotel La Ode Raba Dompu,” jelas Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kota Bima, Muhaimin SPdI ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/10).
    Dijelaskannya, jumlah peserta yang lulus tes tulis masing-masing kecamatan ditentukan sebanyak 6 orang. Namun setelah dilakukan penilaian dan perengkingan hasil tes tulis itu, ada beberapa peserta yang memiliki nilai sama. 
    “Di Kecamatan Raba yang lulus ada 8 orang sedangkan di empat kecamatan lainnya masing-masing sebanyak 7 orang,” urainya.
    Oleh karena itu kata Muhaimin, berdasarkan panduan teknis rekruitmen Panwaslu Kecamatan,  apabila dalam hal terdapat nilai yang sama. Dalam peringkat 1 sampai 6 sehingga jumlah peserta lebih dari 6
    orang, maka peserta yang nilainya sama tersebut diikutsertakan untuk mengikuti tes wawancara.
    “Ini juga hasil konsultasi kami dengan Bawaslu NTB. Sehingga teman-teman calon Panwascam yang punya nilai tes tulis sama, kita ikutkan dalam tes wawancara. Ini tidak hanya terjadi di Kota Bima tapi daerah lain juga  bahkan jumlahnya sampai 10 orang perkecamatan,” terangnya.
    Jadwal wawancara sendiri kata Ketua Pemuda Muhammadiyah ini, untuk Kecamatan Asakota, Rasanae Barat dan Mpunda dijadwalkan pada tanggal 25 Oktober. Sedangkan Kecamatan Raba dan Rasanae Timur pada tanggal 26 Oktober 2017 di Hotel La Ode Raba Dompu.
    Dirinya juga mengingatkan kepada para peserta untuk membawa keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah pada saat wawancara.
    “Wawancara ini untuk menentukan tiga terbaik yang akan menjadi anggota Panwascam masing-masing kecamatan,” ujar Muhaimin didampingi Divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Idhar SSos.
    Divisi Organisasi dan SDM ini meminta kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap calon anggota Panwaslu
    Kecamatan yang lulus tes tulis. Tanggapan dapat dikirim ke alamat Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan se-Kota Bima. 
    Tanggapan dan masukan masyarakat juga menjadi pertimbangan sebelum penentuan kelulusan tiga besar. 
    “Setelah proses wawancara, kita akan langsung mengumumkan pada tanggal 27 Oktober 2017,” imbuhnya. (ZR.03)