• KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Kota Bima

    Komisioner KPU RI Ilham Saputra SIP memukul gong sebagai tanda diluncurkannya tahapan Pilkada Kota Bima 2018, Rabu (18/10) di Lapangan Serasuba Kota Bima.


    Kota Bima (Zona Rakyat).-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima meluncurkan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota Bima tahun 2018. Dipusatkan di Lapangan Serasuba Kota Bima, Rabu (18/10).
    Peluncuran tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Komisioner KPU RI Ilham Saputra SIP. Didampingi Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksor Anshori, Plt Sekda Dr Ir H Syamsuddin, Ketua KPU Kota Bima Bukhari, Anggota DPRD Taufik H A Karim, Polres Bima Kota, Dandim 1608 Bima.
    Kegiatan yang bersamaan dengan peluncuran jingle dan maskot Pilkada Kota Bima tersebut turut dihadiri Komisioner KPU Kabupaten Bima, Panwaslu Kota Bima, SKPD, BUMN, perwakilan partai politik, mahasiswa, pelajar dan masyarakat.
    Ketua KPU Kota Bima Buhari dalam sambutan menyatakan,  tahapan program dan sosialisasi pemilihan kepala daerah, merupakan sebuah keharusan bagi penyelenggara pemilu untuk dilaksanakan. Sehingga ada kesamaan persepsi seluruh stakeholder yang terlibat di dalamnya. Untuk bersama mensukseskan penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota Bima 2018.
    “Kelancaran penyelenggaraan pilkada Kota Bima ini bukan saja tanggung jawab penyelenggara, tetapi seluruh elemen. Baik pemerintah, partai politik, peserta pemilu, simpatisan, lembaga sosial maupun masyarakat,” jelasnya.
    Melalui peluncuran ini, kata Bukhari, diharapkan seluruh elemen yang telah hadir agar dapat mengetahui dan memahami. Setiap tahapan dan proses pilkada yang telah ditetapkan. 
    “Kita semua harus memiliki kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam proses pemilihan,” pinta mantan PPK ini.
    Peluncuran yang dilakukan, ungkapnya sebagai upaya sosialisasi untuk mengajak masyarakat. Agar meningkatkan partisipasinya dalam menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada 27 Juni 2018 mendatang. 
    “Mari bersama menciptakan pilkada yang sehat, berkualitas, dan bermartabat,” ajak Bukhari.
    Sementara Komisioner KPU RI Ilham Saputra SIP mengatakan, tahapan proses pilkada Kota Bima 2018 harus menjadi acuan bersama dalam mewujudkan demokrasi di Kota Bima. 
    Peluncuran yang dilakukan ini, kata dia sebagai rangkaian Pilkada serentak yang amanatkan dari 171 daerah di seluruh Indonesia. Dimulai pada tahun 2015, 2017 dan tahun 2018 mendatang.
    Dirinya mengingatkan, bahwa pilkada bukan segalanya dan bukan pula adu kekuatan. Apalagi disertai dengan kekerasan, kampanye negatif atau hal lain yang merusak kondusivitas daerah.
    “Ini adalah pesta bersama, senang bersama dan bahagia bersama. Kita satu dalam ikatan ukhuwah Islamiyah karena permusuhan itu sebagai bencana,” tutur pria yang kerap disapa ustad ini.
    Ilham juga mengaku akan terus mensosialisasikan pilkada damai dan bahagia ini ke seluruh pelosok, dan tidak saja untuk Pilkada Kota Bima.
    Dirinya juga meminta agar penyelenggara pemilu baik KPU Kota Bima, PPK, PPS beserta  Panwaslu, Panwascam dan jajarannya ditingkat bawah untuk melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan baik dan adil. Demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Kota Bima.
    “Kita berharap Pilkada Kota Bima berlangsung aman, damai dan jauh dari konflik. Sehingga menghasilkan pilkada yang bermartabat dan berintegritas,” harap pria yang sedikit tambun ini.
    Dalam peluncuran tahapan Pilkada itu, diserahkan juga hadiah kepada pemenang sayembara jingle dan maskot Pilkada Kota Bima. Dilanjutkan dengan pemukulan gong dan secara bersama dilanjutkan dengan peluncuran jingle dan maskot pemilihan walikota dan wakil walikota Bima. (ZR.02)