• Tingkatkan Kualitas Pengawasan Panwaslu Gelar FGD

    Kegiatan FGD yang digelar Panwaslu Kabupaten Bima, Kamis (12/10) di hotel Kalaki Beach.

    Bima (Zona Rakyat).-Pengawas Pemilu Kabupaten Bima menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Kalaki Beach, Kamis  (12/10).

    Kegiatan FGD yang dibuka Ketua Panwaslu Kabupaten Bima dihadiri Kasat Intel Polres Bima Iptu Arif Amin, Pimpinan Panwaslu, organisasi kepemudaan seperti KNPI, HMI, IMM, PMII, BEM, LSM dan undangan lainnya.

    Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah SH mengatakan, FGD merupakan kegiatan perdana Panwaslu Kabupaten Bima pasca dilantik oleh Bawaslu Provinsi. Sebagai rangkaian proses dan bentuk pengawasan dalam pelaksanaan pemilu.

    FGD kata Abdulah, dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas pengawasan melalui pengawasan partisipatif seluruh stakeholder yang ada. Terutama 
    organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Bima.

    “Kita ingin menggali dan menyerap aspiratif dari stakeholder terutama organisasi kepemudaan bersama masyarakat,” jelas Ebit panggilan akrab Ketua Panwaslu Kabupaten Bima.

    Panwaslu Kabupaten Bima memiliki jumlah yang terbatas dibanding jumlah penduduk dari 18 Kecamatan dan 191 Desa di Kabupaten Bima. Sehingga Panwaslu membutuhkan sinergitas dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat atau stakeholder untuk memberikan informasi yang akurat. 

    “Kegiatan ini kita harapkan ada output dan masukan yang menjadi kesimpulan dalam upaya pengawasan partisipasi. Karena tanpa masukan dan dukungan  masyarakat kami tidak mampu mendapatkan informasi yang akurat,” harap Ebit.

    Sebagai anggota Panwaslu, ada dua tangung jawab penting yang diemban yakni pencegahan dan penindakan. Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh stakeholder untuk bersama terlibat dalam pengawasan partisipatif pemilihan gubernur dan legislatif yang akan dilaksanakan kedepan.

    “Tentunya kami sangat butuh informasi yang tepat cepat dan akurat dari seluruh stakeholder,” ujar Ebit.

    Dirinya berharap semua unsur dapat membangun sinergitas dan kerjasama dalam menjadikan pemilu yang demokratis, berkualitas dan bermartabat. 

    Dalam FGD tersebut, Kasat Intel Polres Bima tampil sebagai narasumber bersama komisioner Panwaslu Kabupaten Bima Junaidin SPd. (ZR.03)