• Serunya Anak-TKIT Insan Kamil Menangkap Ikan

    Kegiatan puncak tema tentang Binatang  TKIT dan KBIT Insan Kamil Kota Bima, Sabtu (11/11) di kolam pemancingan Nungga Kota Bima.


    Kota Bima, (Zona Rakyat).-Pada puncak tema tentang binatang, anak-anak Taman Kanak Kanak Islam Terpadu (TKIT) Insan Kamil, bermain lumpur sambil menangkap ikan. Tidak hanya TKIT, anak-anak Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Insan Kamil juga ambil bagian dalam keseruan aksi menangkap ikan tersebut.

    Kegiatan yang merupakan puncak tema tersebut dilaksanakan di kolam pemancingan Nungga Kota Bima, Sabtu (11/11).
    Aksi anak-anak TK dan KB dalam menangkap ikan terlihat sangat seru dan mengundang gelak tawa para guru dan orangtua yang turut menyaksikan. 
    “Anak-anak semangat sekali bermain tangkap ikan di kolam. Raut wajah mereka terlihat riang dan gembira. Padahal harus rela baju dan celana basah dan kotor. Percikan lumpur juga terkena wajah mereka,” ungkap Indah salah seorang orang tua siswa.

    Kepala TKIT Insan Kamil Asmarini SPdI mengatakan, kegiatan puncak tema tersebut sebagai salah satu program TKIT Insan Kamil. Dimana dalam kurun waktu tertentu sebelumnya belajar tentang binatang. 
    “Tema belajar anak-anak sebelumhya adalah binatang dalam hal ini ikan. Setelah belajar tentang ikan, pada puncaknya anak-anak turun ke kolam pemancingan melihat bagaimana ikan-ikan hidup di air,” jelasnya.
    Untuk menambah semangat, anak-anak diminta langsung turun ke kolam bermain sambil menangkap ikan.
    “Cara ini kita lakukan agar anak-anak bisa memahami dan mengerti tentang ikan sambil bermain dan bergembira bersama,” ujar Asmarini.

    Kegiatan tersebut katanya  bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan anak tentang ikan. Mulai dari kehidupannya sampai manfaat ikan bagi manusia.
    “Kita selipkan lomba menangkap ikan kepada anak-anak. Orangtua juga kita ikutkan membantu anak-anaknya sehingga suasananya terlihat sangat seru,” ujar Kepala Sekolah yang biasa dipanggil Ustajah Rini. 
    Diharapkan kegiatan tersebut mampu memberi manfaat bagi tumbuh kembang anak dan rasa percaya diri juga pemahaman anak terhadap ikan, cara menangkapnya serta adanya kerjasama yang dapat dibangun.
    “Ini semua sebagai pembelajaran yang sangat berharga bagi akan dan akan selalu diingat,” imbuhnya.
    Asmarini juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua yang mendukung dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Karena tanpa dukungan orang tua akan sulit bagi guru untuk mendidik generasi penerus bangsa tersebut.
    Oleh karena itu, harapan kepala Sekolah, agar kedepan orang tua selalu mendukung dan ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan TKIT maupun KBIT Insan Kamil.
    “Kerjasama orang tua, guru (sekolah) dan masyarakat, akan mampu melahirkan anak-anak yang menjadi harapan bangsa dan umat,” tegasnya. (ZR.04)