• Panwaslu Minta Masyarakat Ikut Mengawasi Pilwali dan Pilgub

    Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTB dan Walikota dan Wakil Walikota Bima, Sabtu (10/2).

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Ketua Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bima meminta masyarakat agar ikut mengawasi Pemilihan Walikota-wakil walikota Bima dan Gubernur-Wakil gubernur NTB. 
    Permintaan tersebut disampaikan Sukarman saat sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilihan Gubernur/wakil gubernur serta walikota dan wakil walikota Bima tahun 2018. Digelar di halaman Kantor Panwaslu Kota Bima di Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, Sabtu (10/2).
    Ketua Panwaslu Kota Bima mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi mengawal proses demokrasi pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Walikota-Wakil Walikota. 
    Diakui Sukarman, jumlah personil pengawas mulai dari Bawaslu pusat, Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kota Bima, Panwaslu Kecamatan, Pengawas Pemilu Lapangan hingga Pengawas TPS tidak sebanding dengan jumlah pemilih dan peserta pemilu dan penyelenggara pemilu seperti KPU dan seluruh jajarannya. Oleh karena itu keterlibatan masyarakat sangat diharapkan dalam melalukan pengawasan bersama Panwaslu dan jajarannya.
    “Seluruh komponen masyarakat agar ikut mengawasi termasuk mengawasi kinerja panwaslu beserta jajarannya dalam penyelenggaraan pemilihan dan pemilu,” ajak Sukarman yang didampingi Komisioner Muhaimin SPdI.
    Dirinya juga meminta agar masyarakat segera melaporkan bila ditemukan kejanggalan atau masalah di wilayahnya baik kepada PPL, Panwascam maupun Panwaslu Kota Bima. Laporan itu harus memenuhi unsur syarat formil dan materilnya seperti bukti dan saksi.
    “Dengan pengawasan partisipatif ini, kita harapkan hasilnya pun akan melahirkan pemimpin yang baik dan amanah hasil pilihan rakyat,” harapnya.
    Hadir dalam sosialisasi tersebut, Lurah Manggemaci Yusuf Ismail, Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Bima Subhan ST, Babinsa, Babinkantibmas, Ketua LPM, Karang Taruna, ketua RT/RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan tokoh pemuda. 
    “Sekitar 70 orang yang diundang dalam kegiatan sosialisasi ini,” ungkap Ketua Panwaslu Kota Bima, Sukarman, SH.
    Sosialisasi yang digelar di Kelurahan Manggemaci sebagai kegiatan perdana dari rencana kegiatan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Bima. 
    “Kita awali di Manggemaci, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan lurah RT/RW juga masyarakat. Karena kebetulan Sekretariat Panwaslu Kota Bima ini ada di Kelurahan Manggemaci. Kami juga meminta ijin sekaligus meminta dukungan seluruh masyarakat Manggemaci dalam menjalankan tugas dan wewenangnnya,” pungkasnya. (ZR.03)