• 550 Siswa Ikut Olimpiade ISOC

    Siswa Peserta ISOC mendapat pengarahan dari Kepala MTsN 1 Kota Bima Drs Adnan sebelum lomba dimulai, Minggu (25/3) di halaman sekolah setempat.

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Sebanyak 550 siswa dari sekitar 50 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah mengikuti Ibnu Shina Olimpiade Competition (ISOC). Kegiatan tersebut digelar di MTsN 1 Kota Bima, Minggu (25/3). 
    Kepala sekolah MTsN 1 Kota Bima Drs Adnan mengatakan, olimpiade ISOC merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya. 
    Kegiatan rutin tersebut dalam upaya mengukur kemampuan siswa SD/MI dalam memahami mata pelajaran yang dilombakan. 
    “Ada empat mata pelajaran yang dilombakan dalam ISOC ini seperti Matematika, IPA, IPS dan Pendidikan Agama Islam,” katanya.
    ISOC ini juga kata Adnan sebagai seleksi awal untuk masuk ke MTsN 1 Kota Bima. Karena bagi siswa yang meraih rangking 1 sampai 10 diberikan peluang untuk masuk MTsN 1 Kota Bima tanpa tes. 
    Oleh karenanya pelaksanaan ISOC dilakukan secara ketat tanpa ada intervensi siapapun. Dengan soal-soal yang diberikan standar olimpiade.
    “Kita pastikan penilaian terhadap olimpiade ini nol intervensi. Karena kita ingin pastikan anak-anak yang berhak mendapat juara adalah yang memiliki kompetensi bukan dari intervensi,” tegasnya. 
    Adnan juga menyampaikan terima kasih kepada sekolah, guru-guru pembina yang telah mempercayakan MTsN 1 Kota Bima sebagai penyelenggara ISOC sehingga menjadi kegiatan rutin. 
    “Yang pasti anak-anak yang menjadi juara sudah disiapkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam penghargaan. Kita hargai jerih payah anak-anak yang telah belajar untuk menghadapi lomba ini,” kata Kepala MTsN 1 Kota Bima.
    Pantauan wartawan, ada sebanyak 18 kelas yang digunakan dalam ISOC tersebut. Dalam kelas digabung dari empat mata pelajaran yang dilombakan, sehingga siswa yang satu duduk dengan siswa yang berbeda mata pelajarannya untuk menghindari adanya kerjasama. (ZR.03)