• Babuju Utus Anggota Belajar Budidaya Lebah Trigona di KLU

    Inilah contoh budidaya lebah Trigona di Kabupaten Lombok Utara NTB.

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Guna mewujudkan rencana Budidaya Lebah Trigona, Babuju Mandiri  akan mengirim 5 anggota untuk belajar khusus tentang budidaya lebah. Dikelola dan dibina Bang Sukri di Kampung Lebah Kabupaten Lombok Utara (KLU) NTB. 
    “Rencananya kita akan mengirim 5 anggota pada 13 Februari 2018,” ujar Pimpinan Babuju Mandiri, Rangga Babuju beberapa waktu lalu.
    Budidaya lebah tersebut menurutnya telah dikomunikasikan dan disepakati dalam pola Kemitraan Budidaya Lebah Trigona dengan Kampung Lebah di KLU. Belajar budidaya mulai dari penanganan Kloni Lebah hingga proses Panen dilakukan. 
    “Nantinya 5 anggota ini rencananya akan disebar di beberapa kecamatan untuk mengimplementasikan dan merealisasikan kegiatan budidaya lebah ini,” jelas Rangga.
    Tentunya kata dia, sesuai dengan peta potensi yg telah ditentukan oleh BABUJU MANDIRI melalui berbagai analisis potensi dan komitmen Kelompok Muda Kreatif Desa dengan BABUJU MANDIRI.
    Harapan kedepan pada tahun 2019, masyarakat Bima sudah bisa menikmati Madu Trigona yang di dalamnya memiliki Enzim Propolis yang tinggi ketimbang Madu liar atau madu hutan lainnya. 
    “Semoga budidaya ini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” harapnya.
    Rangga juga mengajak para donatur untuk bersama menjalin kemitraan dalam pengembangan budidaya lebah Trigona di Bima. Karena maju dan saling membesarkan harus dilakukan bersama dan tidak akan bisa sukses jika hanya nafsih-nafsih.
    “Mari, kita jalin kemitraan demi mewujudkan harapan bersama,” ajak pria yang tampil gondrong ini. (ZR.02)