• FKUB Road to School Tuntas, 10 Sekolah Berhasil Dikunjungi

    Siswa MAN 1 Kota Bima mendengarkan pemaparan dari Danramil Rasanae
    Kapten Inf Nasirudin saat upacara bendera , Senin (23/4/2018). 

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima yang bertajuk “FKUB Road to School” akhirnya tuntas dilaksanakan. 
    Sejak dilauching pada tanggal 18 April lalu dan pada hari terakhir tanggal 23 April 2018. Sebanyak 10 SMA/SMK dan MA berhasil dikunjungi FKUB bersama tim Road to School.
    10 sekolah yang berhasil dikunjungi yakni SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1, SMKN.2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5 dan MAN 1 juga MAN 2 Kota Bima.
    Pada hari terakhir, FKUB Road to School untuk tim pertama hadir di SMKN 3 dan tim kedua di MAN 1 Kota Bima.
    Di MAN 1 Kota Bima diisi oleh Danramil Rasanae Kapten Inf Nasirudin menyampaikan Wawasan Kebangsaan dan motivasi kepada para siswa. Sementara Kasat Binmas Polres Bima Kota AKP M Yamin tampil dengan materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Generasi Muda. Sedangkan Sudirman H Makka mewakili FKUB Kota Bima.

    Di MAN 1 Kota Bima dilaksanakan saat upacara Bendera.
    Di hadapan ratusan siswa, Danramil meminta kepada siswa untuk menghindari berbuat onar dan keributan sehingga berakibat hukum yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
    Menurutnya, situasi dan kondisi Kota Bima dalam keadaan aman, nyaman dan damai.
    “Jangan sampai ada konflik antar siswa, mari bersilaturahim dan saling memaafkan. Kita semua adalah saudra  yang berasal dari adam dan hawa,” ingatnya.
    NKRI itu bukan milik TNI dan Polri, tetapi milik kita bersama dan harus dijaga keutuhannya dengan pancasila sebagai Dasar Negara. Siswa harus mengisi kemerdekaan dengan belajar dan belajar, berpacu untuk mencari ilmu dan mewujudkan cita-cita setinggi tingginya. 
    “Tidak ada kata terlambat dalam menuntut ilmu, mari terus belajar dan menjaga persatuan dan persaudaraan. Hindari pergaulan bebas dan saling mengedepankan persahabatan dan toleransi antarsesama,” ajak Danramil.
    Sementara Kasat Binmas Polres Bima Kota AKP M Yamin mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan kekayaan alam yang melimpah. Tetapi begitu besar keinginan bangsa lain untuk mengeruk kekayaan yang tergandung dalam bumi Indonesia.

    Bahkan kata dia, secara perlahan ingin menghancurkan bangsa kita melalui generasi muda.
    “Narkoba menjadi salah satu senjata andalan untuk menghancurkan generasi bangsa ini. Sudah berapa banyak narkoba yang diselundupkan ke Indonesia dengan jumlah korban yang tidak sedikit. Terutama di kalangan pemuda dan remaja,” jelas M Yamin.
    Oleh karena itu salah satu langkah tepat agar terhindar dari bahaya narkoba adalah menjaga pergaulan. Hampir semua korban penyalahgunaan narkoba itu akibat salah pergaulan.
    Foto bersama Wakasek Kesiswaan Drs. H A Farid dengan
    Tim FKUB Road to Schooll dan siswa

     Sudirman H Makka mewakili FKUB Kota Bima menegaskan bahwa siswa adalah generasi terbaik. Jadilah generasi terbaik sepanjang hidup.
    “Kalian adalah generasi harapan dan impian. Harapan bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara juga agama. Karena kalian dibekali potensi batin maupun lahir,” katanya.
    Menurut Sudirman, sasaran kehancuran dan kebaikan itu adalah generasi. Hadirnya narkoba dan anarkisme adalah untuk menghancurkan generasi. 

    Untuk melawannya, genarasi harus memiliki ketahanan jiwa dan lahir agar bisa bertanggung jawab mengurus diri sendiri dan keluarga juga agar menjadi manusia yang cerdas.  
    “Jika kalian memakai narkoba maka kalian telah menghancurkan masa depan kalian dan membunuh diri kalian secara perlahan. Tugas kalian sekarang sebenarnya hanya belajar dengan mengutamakan karakter yang dibekali dengan mental, moral dan etika,” terangnya.
    Sudirman juga menambahkan, sebagai kelanjutan kegiatan Road to School, dalam waktu dekat FKUB akan melaksanakan lomba cerdas cermat tentang wawasan kebangsaan. 
    Road to School di MAN 1 Kota sebagai sebagai lokasi pamungkas seluruh kegiatan FKUB Road to School di sepuluh SMA/SMK/MA se Kota Bima.
    Sama seperti Road to School di sekolah lainnya, siswa yang berani bertanya disediakan hadiah. Begitu juga halnya pihak sekolah menerima piagam penghargaan dan buku “Pemuda Emas Lahir Batin” yang diterima Wakasek Kesiswaan Drs H A Farid. (ZR.02)