• Sukseskan Pemilu 2019, KPU Gelar Pagelaran Seni dan Budaya

    Penampilan penari “Tari Tembe Nggoli” saat pagelaran seni dan budaya dalam mensukseskan dan menyongsong Pemilu Serentak 2019 di halaman kantor KPU Kota Bima, Sabtu (21/4).


    Kota Bima, Zona Rakyat.-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melaksanakan pagelaran seni dan budaya, Sabtu (21/04/2018) di halaman kantor KPU Kota Bima.
    Pagelaran seni dan budaya tersebut, dalam rangka menyukseskan dan menyongsong satu tahun penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 mendatang.
    Ketua Divisi SDM KPU Kota Bima Agusalim SAg dalam sambutannya mengatakan, pagelaran seni dan budaya merupakan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 mendatang. 
    Kegiatan ini kata Agus bertepatan dengan Hari Kartini tanggal 21 April, dimana KPU seluruh Indonesia baik pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota menyelenggarakan kegiatan yang sama yakni pagelaran seni dan budaya.
    “Tema yang diusung dalam pagelaran ini adalah “Melalui Pagelaran Seni dan Budaya, Mari Membangun Pemilih Berkualitas Dalam Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”, tuturnya.
    Dijelaskan Ketua Divisi SDM, agenda yang dilaksanakan tersebut sebagai salah satu ikhtiar untuk partisipasi pemilih yang kian menurun. Pada tahun 2009 prosentasenya mencapai 92 persen dan turun pada tahun 2005 dan kian menukik pada tahun 2009 yang hanya 71 persen. 
    “Pada tahun 2014 lalu meningkat menjadi 75 persen. Kenaikan angka ini berkat kerja keras dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Kota Bima menyumbang angka kenaikan, karena angka partisipasi pemilih di Kota Bima sebesar 82,7 persen,” bebernya.
    Agus mengaku optimis bahwa angka 82,7 persen tersebut dapat meningkat secara signifikan. Dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan elemen yang ada di Kota Bima. 
    “Angka 82 persen ini berada di urutan 2 setelah Kabupaten Dompu sebesar 83 persen,” ujar Agus.
     
    Ketua Divisi SDM Agusalim SAg saat menyampaikan sambutan pada pagelaran seni dan budaya, Sabtu (21/04/2018) di halaman kantor KPU Kota Bima.
    Penyelenggaraan Pemilu kata dia, tinggal 1 tahun lagi tepatnya pada tanggal 17 April 2019. Bangsa ini akan mengukir sejarah karena akan memilih Anggota Legislatif serta Preisden dan Wakil Presiden. Pada Pemilu 2019 ada 20 parpol secara nasional dan diantaranya ada 4 parpol Aceh.
    “Enam belas partai politik ini terdiri dari PKB, Gerindta, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Partai Demokrat, PBB dan PKPI. Dari 16 parpol ini semua akan bertarung di Kota Bima termasuk 4 partai baru yakni PSI, Berkarya, Perindo dan Garuda,” urai Ketua Divisi SDM KPU Kota Bima.
    Pagelaran seni dan budaya di halaman KPU Kota Bima, Dihadiri Komisioner KPU Kota Bima, Polres Bima Kota, Perwakilan Kodim 1608 Bima, Kepala Dinas Pol PP Kota Bima, Kabag Hukum Setda Kota Bima, Panwaslu Kota Bima, PPK, Panwascam, pimpinan Partai Politik peserta pemilu 2019 dan sejumlah undangan dan masyarakat.
    Berbagai kesenian ditampilkan dalam pagelaran itu seperti Tari Tembe Nggoli, Tari Sampela Mbojo, Biola Gambo, Gantao dan penampilan pemain secsefone juga penyanyi Kilau DMD asal Kota Bima Anang. 
    Tidak hanya itu, para undangan dimanjakan dengan sejumlah hadiah fun and games dan doorprizes seperti TV LED, Kipas Angin, Dispencer, Rice Cooker, Setrika dan jam dinding persembahan dari BNI Cabang Bima.(ZR.02)