• IGI Latih Guru Menulis Artikel Jurnal

    Guru-guru yang sedang mengikuti pelatihan menulis artikel jurnal
    yang digelar IGI Kota Bima di aula SMPN 1 Kota Bima, Senin (30/4).

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Sebanyak 25 orang guru se Kota Bima mendapatkan pelatihan menulis artikel jurnal yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bima yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima. Kegiatan tersebut yang menghadirkan guru SD dan SMP yang dipusatkan di aula SMPN 1 Kota Bima, Senin (30/4). 
    Panitia sekaligus pemateri, Bambang Setiawan, M.Pd dalam pengantarnya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesungguhnya dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei.

    “Ini untuk menjawab tantangan yang diberikan kepala Dinas Dikbud pada suatu waktu kepada IGI. Sekitar tiga minggu saya berpikir tentang kegiatan apa yang diberikan untuk guru Kota Bima. Saya akhirnya berpikir untuk mengajak guru belajar menulis artikel jurnal sederhana,” katanya.
    Menurutnya, pelatihan penulisan artikel jurnal ini sekaligus menjawab keluhan guru tentang sulitnya membuat jurnal ilmiah dalam rangka membantu proses kenaikan pangkat dengan adanya publikasi ilmiah melalui jurnal.

    “Kita berikan trik-trik menyusun artikel jurnal bagi guru dengan harapan bisa jadi tambahan poin angka kredit dalam menyusun DUPAK,” ujar Kepala SMN 6 Bima yang berlokasi di Kecamatan Tambora.
    Kata dia, meskipun pesertanya tidak banyak namun kwalitas pelatihan dijanjikan guru-guru tidak akan kecewa karena meskipun pertemuanya terbatas, setelah selesai guru masih melanjutkan diskusinya lewat grup dunia virtual.

    “Kami buatkan grup untuk memantau efektifitas pelatihan ini, untuk selanjutnya akan menjadi kegiatan rutin dibawah kendali Dinas Dikbud. Ini uji coba, semoga mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga peserta yang ada dapat membiaskan ke guru lain,” harapnya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, Drs H Alwi Yasin MAP dalam arahannya mengharapkan, semoga guru-guru yang dilatih sebanyak 25 orang ini bisa menjadi virus yang baik untuk peningkatan kompetensi guru di Kota Bima.

    “Saya mau guru guri ini jadi penyebar virus dalam menulis satu jurnal ilmiah untuk setiap guru,” pintanya.
    Kata Alwi, Dinas Dikbud menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama kawan-kawan IGI Kota Bima yang siap membantu peningkatan mutu pendidikan di Kota Bima. Melalui hubungan yang baik dengan IGI, Kota Bima mendapat kerjasama dengan Samsung dalam waktu mendatang untuk penyediaan layanan sarana pembelajaran online di kantor Dinas Dikbud. “Kita sedang siapkan ruanganya, nanti seluruh isinya dari sponsor atas bantuan IGI Kota Bima,” ujarnya. (ZR.03)