• Kader HMI Harus Wujudkan Identitasnya Dalam Kehidupan Berbangsa

    Asisten II Setda Kota Bima saat membuka Latihan Kader II HMI Cabang Bima, Rabu (4/7/2018) di hotel La Ila Kota Bima.

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Bima Dr Ir H Syamsudin MS menegaskan bahwa kader HMI harus mampu wujudkan identitas HMI dalam kehidupan berbangsa.
    Hal tersebut dikatakan Asisten II saat menghadiri sekaligus membuka acara Latihan Kader II (intermediate training) Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima, 
    Selasa (3/7/2018) di Aula Hotel La Ila Kota Bima. 
    Dijelaskan Asisten II,  pelatihan kader II HMI menjadi momentum dalam upaya mengembalikan nilai-nilai islami, kritis, berpijak pada kebenaran, serta independen, sesuai dengan identitas HMI dalam kehidupan berbangsa.
    Tujuan berdirinya HMI kayanya, mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Agama Islam. Dengan tujuan HMI yang digariskan sejak awal berdirinya, maka konsekuensinya HMI terjun membantu pemerintah baik langsung maupun tidak langsung dalam membangun daerah ke arah perubahan yang lebih baik.
    “Adik-adik sebagai pilar pembaharuan yang merupakan generasi penerus, tentunya memiliki tanggung jawab moral untuk mewujudkan harapan itu,” katanya.
    Selain itu, HMI cabang Bima sebagai organisasi dari kaum muda terdidik diharapkan dapat memainkan peranannya untuk secara bersama dengan masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi daerah. 
    “HMI bukan hanya milik mahasiswa Islam, tetapi telah menjadi harapan masyarakat Indonesia,”ujar Asisten II.
    Dr Syamsuddin mengajak keluarga besar HMI untuk terus melanjutkan partisipasi aktifnya dalam penyelenggaraan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman, lebih adil, lebih demokratis, dan lebih sejahtera.
    Sementara Ketua HMI Cabang Bima Fitriani menyampaikan, training kader II dilakukan sebagai upaya membangun moralitas dan kualitas SDM untuk menjadi pemimpin di masa mendatang. 
    Menurutnya, mutu dan kualifikasi pemimpin masa depan perlu disiapkan lebih dini agar siap menghadapi tantangan di masa mendatang.
    Ketua KAHMI Kota Bima H Abubakar H Ma’alu, SH MAp mengatakan bahwa dengan latihan kader II ini, anggota HMI dididik menjadi kader bangsa dan kader umat serta sebagai mitra perjuangan dalam membangun bangsa dan Negara.
    Ia berharap kepada peserta latihan kader II agar serius mendalami Nilai Dasar Perjuangan (NDP), karena kekuatan moral HMI ada pada NDP. Oleh karena itu, usai pengkaderan ini, produk SDM yang dihasilkan dapat berperan untuk kemajuan HMI, agama, bangsa dan Negara dengan tetap berpedoman pada Alquran dan Hadits, dan asas Negara yaitu Pancasila dan UUD 1945. 
    Kegiatan yang mengusung tema Aktualisasi Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Upaya Menjawab Tantangan Masa Depan tersebut diikuti 41 peserta delegasi cabang HMI di seluruh Indonesia.
    Selain dihadiri Asisten II Setda Kota Bima kegiatan tersebut juga dihadiri Staf Ahli Bupati Bima, Ketua Kahmi Kota Bima, Ketua Kahmi Kabupaten Bima, Perwakilan Kodim 1608/Bima, Polres Bima Kota, Pengurus HMI Cabang Bima, Pengurus BEM perguruan tinggi, serta pimpinan organisasi Islam Kota dan Kabupaten Bima. (ZR.03)