• Wawali Pimpin Apel Peringatan Hari Koperasi

    Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin SE foto bersama usai memimpin apel Hari Koperasi ke 71, Senin (16/7/2018) di halaman Kantor Walikota Bima.
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Wakil Walikota Bima H Arahman H Abidin SE memimpin apel peringatan Hari Koperasi ke 71 tingkat Kota Bima, Senin (16/7/2018) di halaman Kantor Walikota Bima.
    Apel tersebut turut dihadiri Sekda Kota Bima Drs Mukhtar MH dan seluruh pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima beserta jajarannya.  
    Dalam sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI yang disampaikan Wakil Walikota Bima mengatakan, koperasi memiliki peran yang strategis. Dimana pertumbuhan ekonomi bisa saja tercapai, namun belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat. Solusi yang tepat untuk melakukan pemerataan pendapatan tersebut adalah melalui koperasi. 
    Hal tersebut sesuai dengan disampaikan oleh KH Ma’ruf Amin, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengatakan bahwa koperasi dapat menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan di masyarakat.
    Dijelaskan Arahaman, sesuai dengan arahan Presiden untuk melakukan reformasi total Koperasi, dengan melakukan tiga langkah strategis, yakni reorientasi koperasi, rehabilitasi koperasi, dan pengembangan koperasi.
    Reorientasi koperasi katanya lebih pada pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan lagi pada kuantitas koperasi. Sedangkan rehabilitasi koperasi, adalah membuat database koperasi di seluruh Indonesia sebagai dasar pembenahan koperasi. Dari jumlah koperasi sebanyak 212.570 unit pada tahun 2014, telah berkurang menjadi 152.714 koperasi. "Baru sebanyak 80.008 koperasi telah melaksanakan RAT dan 40.103 koperasi telah dibubarkan," katanya.
    Sementara strategi pengembangan koperasi, dengan upaya pembinaan dan pengembangan koperasi secara terus menerus. Sehingga sudah ada koperasi yang omzetnya puluhan triliun, koperasi yang sudah masuk bursa efek, bahkan sekarang sudah ada koperasi yang telah membeli saham Bank BRI Syariah.
    Berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS yang telah diolah, dari tahun ke tahun tepatnya tahun 2014 kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional sejumlah 1,71 persen dan selanjutnya pada tahun 2016 sudah meningkat menjadi 3,99 persen dan pada tahun 2017, kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional sudah meningkat lagi sebesar 4,48 persen.
    “Kita berharap agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” jelas Wawali diakhir arahannya.
    Pada kesempatan tersebut H Arahman juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 koperasi dengan kelembagaan terbaik tingkat Kota Bima Tahun 2018. 
    Adapun lima koperasi yang mendapatkan penghargaan tersebut diantaranya KPRI Semata, KSP Mandiri Utama, KSU Bina Usaha, KPRI Surya Rekayasa, dan Koperasi Jaya. Sedangkan penghargaan Penggiat Koperasi Bima Tahun 2018 berhasil diraih oleh Drs. H Dahyar MPd dari Koperasi Jaya. (ZR.03)