• HUT Korpri, Bawaslu Minta ASN Jaga Netralitas

    Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bima saat upacara HUT Korpri ke 47 di Halaman Kantor Bawaslu Kota Bima, Kamis (29/11/2018)


    Kota Bima, Zona Rakyat.-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menggelar upacara bendera dalam rangka HUT KORPRI ke 47 tahun 2018, di halaman kantor Bawaslu Kota Bima, Kamis (29/11/2018). 
    Pada upacara tersebut Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaimin membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.
    Dalam amanatnya Muhaimin menjelaskan bahwa Korpri beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 47 tahun, telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. 
    Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Jajaran ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional. Mereka juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.
    "Apa yang telah kita capai sampai hari ini, tidak terlepas dari peran serta ASN di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di lndonesia serta perwakilan di luar negeri. Apalagi yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi," ungkapnya. 
    Upaya untuk memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.
    Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga
    memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN.
    Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban ASN Aparatur jika tidak diikuti dengan perubahan kerja. Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. 
    "Mau tidak mau, ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait," harapnya.
    Oleh karena itu, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, saya minta untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing.
    Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat SDM untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. 
    "SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknlogi yang sedang berubah cepat. Kepada seluruh jajaran ASN untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM kita, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa," harap Presiden melalui Ketua Bawaslu Kota Bima.
    Muhaimin juga meminta agar ASN yang ada di Bawaslu Kota Bima untuk tetap menjaga integritas dan netralitas dalam menghadapi pemilu 2019. Karena Bawaslu beserta ASN yang ada di dalamnya adalah lembaga penyelenggara pemilu yang dituntut memiliki independensi, netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan wewenangannya.
    "Sebagai bangian dari Bawaslu khususnya Bawaslu Kota Bima, Kita harus bekerja dalam rel-rel aturan perundang-undangan yang berlaku. Kita harus mampu menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara pemilu yang ditangannya dititipkan menegakkan keadilan pemilu," pungkasnya.
    Upacara memperingati HUT Korpri tersebut dihadiri juga pimpinan Bawaslu Kota Bima Asrul Sani dan Idhar serta Koordinator Sekretariat Subhan ST dan staf Bawaslu Kota Bima. Diikuti Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan, Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan beserta staf dan Pengawas Kelurahan se Kota Bima. (ZR.04)