• Ayo, Jadi Santri di SMPIT Insan Kamil Kota Bima

    *Sebagai Pondok Pesantren Terpadu

    Rencana pembangunan SMPIT Insan Kamil Boarding School Pondok Pesantren Terpadu Kota Bima yang tengah dibangun di Matakando Kota Bima.
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Kabar gembira bagi para orang tua yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan sekitarnya. Pada tahun 2019 ini, Yayasan Ta'wun Kota Bima membuat gebrakan menghadirkan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Kamil Kota Bima Boarding School sebagai Pondok Pesantren Terpadu di Kota Bima.
    SMPIT Insan Kamil Boarding School adalah sebuah mimpi besar dari para Pengurus Yayasan Ta'wun Kota Bima setelah mampu menghadirkan PAUDIT, TKIT dan SDIT Insan Kamil menjadi sekolah favorit untuk meletakkan pondasi generasi emas dan generasi Rabbani. 
    Para Founding Fathers SMPIT Insan Kamil Kota Bima yang mendedikasikan dirinya di dunia pendidikan ini yakni dr H Irfan Jubaidy, drg H Ihsan MPh, M Budiharta M, SE dan M Syaeful Bahri ST MSi. Ditambah Tim Penyusun Kurikulum SMPIT dan Kepesantrenan Erni Juhaenah, SP (Kepala SDIT Insan Kamil Kota Bima), Khairul J Mbojo, S.Pd (Ketua Bidang Penjaminan Mutu JSIT Wilayah NTB) dan M Syukrillah STh.I MAg menjadi garansi bagi lahirnya santri-santriwati yang  handal, berakhlak mulia dan memiliki ilmu agama juga ilmu pengetahuan serta menjadi kebanggaan bagi orang tua.
    "Alhamdulillah pada tahun 2019 ini dapat kita wujudkan dengan membuka pendaftaran bagi putra putri terbaik ayah dan bunda di Kota Bima, Bima dan Dompu," ungkap Kepala SDIT Insan Kamil Kota Bima Erni Juhaenah SP yang juga memiliki andil hadirnya SMPIT Insan Kamil Kota Bima.
    Dikatakan Erni, menyekolahkan anak ke pondok pesantren menjadi kebutuhan bagi orangtua milenial, terutama di Pondok Pesantren Terpadu. 
    Menurutnya, di Ponpes Terpadu anak akan lebih mengeksplor kemampuannya di berbagai bidang baik syariah maupun umum. Di era milenial  ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan global yang siap merongrong anak-anak yang tidak siap mentalnya. 
    Oleh karena itu kehadiran SMPIT Insan Kamil Kota Bima Boarding School yang merupakan Ponpes Terpadu akan melahirkan generasi-generasi yang tangguh dari sisi akhlak dan ilmu pengetahuannya juga memiliki kecakapan sesuai dengan fitrah atau bakat yang diberikan Allah SWT. 
    "Saya termasuk orangtua milenial yang Allah berikan kesempatan indah untuk merasakan menyekolahkan anak-anak di Pondok Pesantren Terpadu. Berpisah dari anak bukan hal yang mudah bagi orangtua muda. Tapi setelah melihat keseharian mereka di pondok selalu bersama Al-Qur'an dan masjid, rasanya kebahagiaan yang sangat luar biasa nikmatnya. Karena itulah yang diharapkan kita sebagai orangtua. Memiliki anak dengan akhlak terpuji dekat dengan Alquran dan Allah," ungkap Erni yang memiliki putra dan putri bersekolah di Pondok Pesantren.
    Meskipun anak-anak kita adalah mereka yang sedang mencari jatidiri, kata dia, di Ponpes Terpadulah anak-anak akan mengeksplor berbagai minat bakat dan kemampuannya dengan didikan kemandirian.
    "Pada akhirnya mereka menemukan sendiri apa yang menjadi pasion (minat dan bakat) mereka. Dan mereka lulus dengan hafalan Al-Quran yang tidak sedikit, bahkan tidak jarang yang menjadi hafidz," Subhanallah ucap Wanita berhijab ini.
    Dirinya mengaku bersyukur, karena pada tahun 2019 telah dibuka Pondok Pesantren Terpadu di Kota Bima yakni Pondok Pesantren Terpadu Insan Kamil. 
    "Jadi anak-anak Kota Bima nggak perlu jauh-jauh pergi berpisah dengan orangtua begitupun orangtua tidak perlu berpisah dengan anak-anaknya. Tapi tetap bisa merasakan indahnya hidup di Pondok pesantren terpadu," terangnya.
    Orangtua kata Kepala SDIT Insan Kamil akan merasa lebih tenang jika anak-anak di pondok, karena pergaulannya lebih terkontrol. Mereka akan lebih fokus menerima pelajaran karena tidak disibukkan dengan gadget. Hidup juga lebih sehat karena makan teratur dengan makanan sehat, olahraga yang cukup dan ibadah yang terkontrol.  Pola hidup merekapun menjadi lebih sederhana. 
    Anak-anak tidak terbiasa belanja berlebihan, namun cukup sesuai kebutuhan. Ditambah lagi berbagai keterampilan hidup yang akan diajarkan kepada mereka sehingga mereka siap menyongsong zamannya kelak.
    Progres pembangunan SMPIT Insan Kamil Kota Bima Pondok Pesantren Terpadu di Doro Santi Matakando Kota Bima.
    Kebaikan untuk diri sendiri harus kita perjuangkan karena sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum tanpa kaum tersebut merubah nasibnya sendiri.
    "Ayo orangtua milenial Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu dan sekitarnya. Jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Segera daftarkan putra putri kita tercinta di Ponpes Terpadu SMPIT Insan Kamil Kota Bima Boarding School,. Bisa datang langsung ke SDIT Insan Kamil Santi Kota Bima," ajaknya. (ZR.02)