• Bawaslu Lantik Anggota Panwascam Asakota PAW

    Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin saat melantik anggota Panwascam Asakota Pergantian Antar Waktu Andang MPd, Selasa (4/3/2019) di aula Kantor Camat Asakota.
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Muhaemin melantik anggota Panwaslu Kecamatan Pergantian Antar Waktu (PAW) Andang MPd. Menggantikan Mursalin SPd yang telah mengundurkan diri karena yang bersangkutan telah dilantik menjadi komisioner KPU Kota Bima.
    Pelantikan tersebut dilangsungkan di aula kantor Camat Asakota, Selasa (5/3/2019).
    Hadir dalam pelantikan tersebut, Komisioner Bawaslu Kota Bima Asrul Sani dan Idhar SSos, Koordinator Sekretariat Subhan ST, Camat Asakota Is Fahmin SIP, Polsek Asakota, Danramil Rasanae Barat. Selain itu hadir pula lurah, PPK Kecamatan Asakota dan Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Bima dan sejumlah undangan lainnya.
    Dalam arahannya Ketua Bawaslu Kota Bima meminta anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik agar sesegera mungkin menyesuaikan diri karena tugas dan tanggung jawab akan segera diemban.
    "Tidak ada waktu lagi untuk beradaptasi lama-lama, langsung saja bekerja bersama komisioner lainnya, dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden 2019," tegasnya.
    Pelantikan sendiri kata Muhaemin dilaksanakan di aula Kecamatan Asakota dimaksudkan untuk memantapkan kedekatan emosional yang telah terjalin dan sinergitas antara penyelenggara dengan pemerintah dan masyarakat yang ada di Kecamatan Asakota.
    "Jadi jelas disamping alasan dejure juga Panwascam memiliki kedekatan emosional dengan elemen di Kecamatan Asakota," ujarnya.
    Muhaemin mengingatkan, tahapan pemilu terus berjalan, meskipun masih dalam tahapan kampanye tahapan-tahapan lainnya juga berlangsung. Tahapan yang akan dihadapi dalam waktu dekat adalah kampanye rapat umum. Oleh karena itu Bawaslu dan seluruh pengawas pemilu akan terus membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas baik di tingkat Kota Bima maupun di kecamatan dan kelurahan.
    "Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita butuh keterlibatan seluruh elemen penyelenggara baik KPU, PPK maupun PPS, termasuk KPPS yang tengah direkrut. Yang tidak kalah pentingnya adalah partisipasi masyarakat secara keseluruhan," ingat Ketua Bawaslu.
    Camat Asakota Is Fahmin SIP mengaku siap mendukung Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan dalam mensukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden 2019.
    Dirinya mengajak penyelengara pemilu dan masyarakat untuk bergandengn tangan dalam mensukseskan pemilu 2019.
    "Jika ada hal-hal yang bisa dilakukan kerja sama maka jangan segan-segan menggandeng jajarannya di Kecamatan Asakota," harapnya.
    Alumni STPDN Bandung ini mengingatkan, bahwa kehadiran penyelenggara dan pemerintah dalam pemilu 2019 adalah bagaimana masyarakat memahami dan cerdas. 
    "Jika masyarakat cerdas maka Bawaslu dan Panwascam tidak perlu bekerja ekstra. Karena masyarakat sudah mengerti dan paham hakekat pemilu dan apa yang harus dilakukan dan tidak. Tantangan kita adalah mereka yang pura-pura mengerti padahal dia tidak mengerti," bebernya.
    Fahmin menegaskan, jajarannya di Kecamatan Asakota siap membantu dan bekerjasama dalam menysukseskan pemilu 2019. (ZR.04)