• NA KABUPATEN BIMA PESERTA TERBAIK PELATIHAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK



    Nasiyatul Aisyiyah Kab. Bima
    Mataram, (ZR) Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak
    Dinas DP3AP2KB Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan  pelatihan pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak (PUG dan PUHA) di Hotel Lombok Plaza 23-25 Juli 2019. Kegiatan ini di ikuti oleh berbagai elemen yang konsen terhadap perlindungan perempuan dan anak, salah satunya Nasyatul Aisyiyah (NA)  Kabupaten Bima. 

    Menurut Zuhrah, Nasyatul Aisyiyah (NA)  di undang karena di anggap sebagai organisasi yang bergerak aktif dalam bidang perempuan dan anak di Kabupaten Bima. Ungkap Zuhrah yang merupakan ketua umum Nasiyatul Aisyiyah Kabupaten Bima

    Menurut Zuhrah, selama ini perempuan dan anak merupakan kelompok yang rentan bahkan seringkali termarginalkan dalam relasi sosial baik dikeluarga, sosial kemasyarakatan, politik, ekonomi bahkan secara global. Untuk itu, Nasyiyatul Aisyiyah mengajak semua pihak untuk ikut andil dalam mencari solusi terbaik terhadap berbagai persoalan perempuan dan anak, ungkapnya.

    Di Kabupaten Bima pola asuh terhadap anak menjadi masalah tersendiri dan harus mendapatkan respons protektif dari semua pihak terutama musim tanam bawang merah, kacang tanah, jagung dimana masyarakat Bima memiliki kebiasaan menitipkan anak kepada nenek dan kakeknya bahkan ada yang membawa serta ikut menjadi pekerja membantu orang tua di ladang, implikasinya banyak hak anak terabaikan, terutama pendidikan" ujar Zuhrah.

    Masalah lain yang tidak kalah penting yang harus mendapatkan perhatian yang di hadapi perempuan dan anak adalah kekerasan, pelecehan seksual,  KDRT, kesenjangan gender,  penyalahgunaan obat-obat terlarang. Untuk itu,  menurut Zuhrah yang merupakan Dosen STIH Muhammadiyah Bima diperlukan kesadaran bersama seluruh pihak untuk menjaga, mendidik dan memastikan anak mendapatkan hak dan belajar memenuhi kewajibannya, untuk  masa depan yang lebih baik. Ungkapnya. 

    Dalam pelatihan ini, Nasyatul Asyiyah Kabupaten Bima sendiri menjadi peserta terbaik dengan nilai tertinggi se-NTB, yakni di raih oleh Husnatul Mahmudah yang juga Sekretaris Umum NA Kab. Bima. (ZR 03)