• Tidak Ada Musuh Dalam Politik

    Munir Husen
    (Dosen STIH Muhammadiyah Bima)
    Dunia politik adalah dunia yang sangat berbeda keadaan dan situasinya dengan yang lain. Politik itu ibarat cuaca sebentar hujan gerimis, dalam keadaan hujan bisa menjadi panas yang tidak disangka dan diduga oleh siapapun kecuali mereka yang bermain dalam kancah politik. Itulah dinamik
    a dan intrik politik yang terjadi sehingga perlu dipahami keadaan dunia politik, kalau kita tidak menguasai betul permainan politik sebaiknya jangan masuk pada ranah polotik. 
    Politik harus dikuasai medan dan stateginya, semua harus diperhitungkan dengan matang konsekwensinya karena permainan politik akan berakhir dengan dua jalan yaitu kemenangan atau kekalahan politik.

    Pro dan kontra dalam dunia politik adalah hal biasa dan wajar, karena didunia politik tidak ada musuh, yang ada adalah KEPENTINGAN. Tidak ada yang lain, maka pada saat kita menyatakan masuk diranah politik ataupun pendukung fanatik politik dengan mengucapkan Bismillah, maka sebaiknya muhasabah dulu dan kalkulasi dengan matang apa resikonya dan apa pula keuntungannya. Sebab dunia politik adalah dunia yang penuh intrik, dunia permainan yang memiliki resiko dan konsekwensi, maka kalkulasi dengan matang, jangan emosi apalagi maaf LATAH. Kalau tidak bisa menghitung, maka akan ada pihak yang kecewa dengan hasil keputusan politik. 

    Pro dan kontra dalam dunia politik adalah lazim dan alami tidak ada yang luar biasa dalam politik, yang ada bagaimana kesiapan kita dan pendukug untuk menerima keputusan politik. Inilah yang sangat berat, dan siapapun tidak mudah menerima konsekwensi dari permainan politik. Sehingga kita perlu kematangan, kedewasaan dan satria menerima hasil keputusan politik yang bisa bergeser setiap saat bahkan dalam hitungan detik. Maka kepada kita semua untuk melihat dunia politik sebagai dunia akrobat politik yang tidak semua orang bisa memahaminya. Kecuali mereka-mereka pendekar politik yang sudah mahir dengan permainan politik. 

    Mari kita evaluasi pribadi kita masing-masing, kita sebenarnya ada dimana? yang bisa menjawab adalah pribadi masing-masing, agar kita tidak masuk pada persimpangan jalan politik yang penuh kontoversial. Itulah batu uji yang sesungguhnya dalam dunia politik yakni membuat keputusan.
    Keputusan politik adalah pilihan sadar dan teliti terhadap alternatif yang tersedia untuk memberikan kepastian dalam berdemokrasi. Melakukan bargaining dan deal, namun adalah semata-mata untuk rakyat, bukan harta, posisi atau jabatan. Wallahu a'lam. (*)