• IAI Muhammadiyah Bima Terima Kunjungan Surveilens BAN-PT

    Foto Kunjungan Dari Tim Survailens Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Diruangan Doaen IAI Muhammadiyah Bima.
    Kota Bima, (Zona Rakyat). Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima, Senin (26/08/2019) menerima kunjungan dari Tim Survailens Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Ruangan Dosen IAI Muhammadiyah Bima. 

    Adapun Tim Assesor BAN-PT yang hadir yaitu Prof. T. Basaruddin, M.Sc.Ph.D, (Direktur Eksekutif BAN PT), Prof. Dr. Muslimin S.Ag., M.Ag., (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar), Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag., (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta), Dr. Sugeng Prabowo, M.A., (Universitas Islam Negeri Maliki Ibrahim Malang)., berserta Gina Noviana, Si,Kom., (Staff BAN-PT). 

    Kehadiran Tim Assesor BAN-PT disambut langsung oleh Syarifuddin, M.Pd.I selaku Rektor beserta civitas akademika IAI Muhammadiyah Bima. Dalam sambutannya, Syafruddin mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada Tim BAN-PT yang telah berkunjung ke IAI Muhamamdiyah Bima. 

    Syarif sapaan akrabnya, menjelaskan bahwasannya IAI Muhammadiyah Bima mempunyai perjalanan sejarah yang diawali oleh Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab. Pada tanggal 22 Mei 2015 berubah status dari STAIM menjadi IAI Muhammadiyah Bima dengan beberapa fakultas dan program studi di antaranya Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dengan tambahan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam dengan Program Studi Ekonomi Syariah dan Fakultas Syariah dengan Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah).

    Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Muhammadiyah Bima, Husnatul Mahmudah, M.Hum, menjelaskan bahwa kegiatan Surveilens dilakukan dengan beberapa agenda, yakni mulai dari acara pembukaan Surveilens perubahan bentuk, wawancara dengan pimpinan dan tim akreditasi Surveilens perubahan bentuk, wawancara dengan stakeholder, peninjauan sarana dan prasarana dan diakhiri dengan penutupan dan penyerahan berita acara oleh tim asesor ke Rektor IAI Muhammadiyah Bima.

    Sementara Tim Asesor BAN-PT Prof. T. Basaruddin, M.Sc.Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutannya yang penuh dengan keramah tamahan civitas akademika IAI Muhammadiyah Bima. Menurutnya keterlambatan proses perubahan status tersebut bukanlah sepenuhnya kesalahan dari pihak IAI Muhammadiyah Bima, karena proses yang sangat panjang dalam melakukan perubahan akibatnya baru tanggal 26 Agustus 2019 dilakukan surveilen. 

    "Sekarang ini ada 8 ribu usulan akreditasi yang masuk ke BAN PT dan sepenuhnya belum dapat dilakukan visititasi secara keseluruhan disebabkan oleh keterbatasan jumlah asesor, anggaran dan yang lebih penting adalah transisi instrumen kebijakan akreditasi". Tutur Direktur Eksekutif BAN PT. (ZR.02)