• PKBM Doro Parongge Berikan Kursus Pembuatan Kue Kepada Peserta Didik

    Sekertaris Dikbud Kota Bima Drs HM Yamin dan peserta didik PKW PKBM Doro Patongge.
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Doro Parongge Kelurahan Sambinae Kota Bima memberikan Pendidikan Kecakapan Wirausahawan (PKW) kursus pembuatan kue kepada peserta didiknya. Sedikitnya ada 20 peserta didik yang berdomisili di Kelurahan Sambinae dan sekitarnya mendapatkan kursus secara gratis.
    Ketua Lembaga Doro Parongge, Guntur mengatakan, peserta didik yang ikut dalam praktek pembuat kue sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok sebanyak 5 orang. 
    "Kursur pembuatan kue ini dilaksanakan selama 150 jam atau 1 bulan dari tanggal 2 September hingga 2 Oktober 2019 mendatang," jelas Guntur didampingi Hasnawati saat memantau peserta didik yang sedang kursus, Rabu (25/9/2019).
    Dijelaskan Guntur, sumber dana kegiatan yang dilaksanakan pihaknya bersumber dari Dikrektorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Pendidikan tahun 2019.
    Dana yang diperoleh tersebut katanya digunakan untuk membeli bahan praktek kue peserta didik, alat peraktek, ATK, transpor pengelola, honor tutor dan transportasi peserta dan lainnya.
    Guntur menjelaskan, kegiatan kursus yang dilaksanakan adalah untuk memotivasi dan menciptakan rintisan usaha baru serta pendapingan bagi peserta didik yang ada di sekitarnya. Hal ini diharapkan mampu berkembang dan bermitra dengan dunia usaha dan industri.
    "Ini adalah kegiatan positif yang diprogramkan pemerintah pusat bagi masyarakat di sekitar PKBM," terangnya.
    Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha yang dilaksanakan PKBM Doro Parongge sebelumnya dibuka oleh Sekertaris Dikbud Kota Bima Drs HM Yamin dan dihadiri oleh Kabid PNFI Drs Abdul Hafid dan sejumlah pegawai Dikbud Kota Bima dari tanggal 2 September 2019 lalu. "Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya. Karena kursus pembuatan kue ini dapat memberikan bekal pengetahuan kepada peserta didik untuk membuka peluang usaha," jelasnya.
    Kabid PNFI Dinas Dikpora Kota Bima Drs Abdul Hafid yang dikonfirmasi wartawan di kantornya membenarkan bahwa PKBM Doro Parongge adalah salah satu Lembaga yang diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk memberikan kursus kepada peserta didik di Kota Bima tahun 2019.
    Maksud kegiatan kata Hafid adalah layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.(ZN.06)