• PEMBIBITAN MHK DIKUNJUNGI TK NEGERI PEMBINA KOTA BIMA

    Foto. Kepala TK Negeri Pembina Melakukan Penanaman  Pohon Beringin Pada Polibek.
    Kota Bima, (Zona Rakyat).- Lokasi persemaian bibit pohon Beringin yang digalakkan Mbojo Hijau Kembali (MHK) Bima mendapat kunjungan dari rombongan TK Negeri Pembina Kota Bima bersama walimurid, guru pembina dan kepala sekolah, Kamis (28/11) pagi. 

    Kehadiran rombongan TK Negeri Pembina disambut para pengurus MHK seperti Bang Ogie, Firas, Odet dan Bang Mansyur. 

    Husain Laodet Memberikan Pengarahan
    Liputan Wartawan Zona Rakyat, Ketua MHK Bima, Husain Laòdet dalam pengarahannya menyampaikan proses pelaksanaan pembibitan dan  penanaman bibit pohon Beringin. "Kehadiran keluarga besar TK Pembina di lokasi pembibitan sebuah penghargaan bagi MHK karena ini untuk kali pertama dari sekolah," ujarnya.

    Kata Odet, kunjungan di lokasi persemaian bibit di samping sebagai media pembelajaran juga menanamkan rasa cinta  anak didik terhadap lingkungan. "Betapa pentingnya kita jaga lingkungan alam dengan menanam pohon untuk kelanjutan hidup masa datang," jelasnya.

    Menurutnya, di Kota Bima dan sekitarnya saat ini dalam kondisi prihatin. Maksudnya, Bima sera umum sudah sangat kekurangan air, suhu panas dan hutan gundul. Kalau tidak ada upaya atau solusi agar kembali baik tentu kondisi ini makin parah. "Untuk itu kami mau coba tanam Pohon Beringin setelah bibitnya sudah tùmbuh baik di Kota Bima atau Bima," ungkapnya.

    Di pagi yang cerah itu, suasana lokasi MHK di bilangan BTN Sadia, Kecamatan Mpunda bagian belakang cukup ramai karena anak-anak TK sambil belajar menanam  mereka juga berrekreasi di sekitar persawahan.

    Kepala TK Negeri Pembina Kota Bima, Nurlailah S.Pd dalam sambutan singkatnya mengatakan, kegiatan pembelajaran bagi anak-anak usia dini seperti TK salah satunya bertujuan sebagai sarana rekreasi edukasi khususnya tanaman-tanaman. Dalam hal ini di MHK sedang menyiapkan persemaaian bibit pohon Beringin. " Katanya bibit ini akan ditanam saat penghijauan pada lokasi khusus di Kota Bima dan sekitarnya. Kami harap bisa ikut partisipasi saat penanaman atau penghijauan nanti," ujarnya.

    Menurutnya, kegiatan seperti ini akan diprogramkan secara rutin pada anak didiknya, sebab pembelajaran lansung seperti di persemaian MHK dapat langsung dipraktekkan dan dirasakan oleh peserta didik. "Mereka di sini bisa mulai memasukan tanah dalam polibek, kemudian memasukkan bibit yang sudah disiapkan dan disimpan pada tempatnya," terangnya.

    Sementara itu, dalam rombongan TK Negeri Pembina Kota Bima turut serta wali muridnya. Para ibu-ibu ini melihat langsung bagaimana interaksi anak-anak saat mendengar dan mendapat penjelasan sertan berkesempatan mencoba belajar menanam walaupun masih dalam persemaian bibit.  

    Salah seorang Wali murid, Nurmala mengaku bangga dengan anak-anaknya, karena bisa belajar langsung di MHK tentang proses pembibitan pohon Beringin. Kata dia, Ini pengalaman baru bagi anak TK. "Biarkan mereka bisa belajar langsung tentang proses pembuatan bibit. Semoga hal ini bisa terus digalakkan. Terima kasih MHK yang sudah bersedia untuk dikunjungi. Lain kali kami datang lagi", cetusnya. (ZR. 06)