• Mahasiswa KKN-PAR IAIM Bima Gelar Haflah dan Gema Sholawat

    Mahasiswa KKN-PAR IAI Muhammadiyah Bima saat menggelar Haflah Al Quran dan Gema Sholawat
    Bima, (Zona Rakyat).-Mahasiswa KKN-PAR IAIM Bima menggelar acara Haflah Al Qur'an dan Gema Shalawat di halaman kantor Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Selasa (25/8/2020) malam.

    Acara tersebut turut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Langgudu, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Langgudu, Pemerintah Desa, BPD, dan masyarakat serta Mahasiswa KKN-PAR lainnya. Menghadirkan Qori Nasional Suherman, SPdI serta Qori-Qoriah oeserta KKN-PAR IAIM Bima.

    Ketua Posko I Desa Karumbu Muhammad Sa’aban, dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat dalam gelaran acara ini. Masyarakat Karumbu telah bersinergi bersama mahasiswa KKN. 

    Lanjut Sa’ban, gema Shalawat dan Haflah Qur'an sebagai implementasi dari tujuan rancangan program kerja Mahasiswa KKN-PAR di Desa Karumbu. 

    "Gema shalawat dan haflah Al-Qur’an ini sebagai pondasi awal terciptanya Langgudu yang berkemajuan dan mencerahkan kehidupan," katanya.

    Rektor IAI Muhammadiyah Bima, Syafruddin MPdI melalui Ketua LP2M Umar MPdI mengatakan, kegiatan gema shalawat dan haflah Al-Qur’an dilaksanakan dalam rangka dakwah Muhammadiyah. Mensyiarkan Al-Quran di Dana Mbojo dan bentuk implementasi nyata dari catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah.

    Umar juga mengatakan kegiatan ini sebagai wujud nyata untuk saling mempererat tali silaturahmi Civitas Akademika IAI Muhammadiyah Bima dengan seluruh elemen masyarakat Karumbu dan tokoh agama.  
    "Yang tidak kalah pentingnya adalah untuk memperkuat iman kita semua," ujarnya.

    Ditambahkan Ketua LP2M, Desa Karumbu memiliki dua Kelompok Mahasiswa KKN-PAR tahun 2020. Untuk Poskos II telah sukses menyelenggarakan pembinaan Dai Pesisir dan Camping Qur’an selama 3 hari. 

    Kepala Desa Karumbu Murtalib mengaku bangga atas kehadiran mahasiswa di desanya. Merupakan suatu keistimewaan bagi masyarakat Desa Karumbu atas kepercayaannya memilih Desa ini sebagai salah satu lokasi KKN-PAR Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima di tahun 2020. 
    Gema shalawat dan Haflah Al-Qur’an ini kata dia, begitu penting dan harus terus dilanjutkan kedepan. Dalam waktu dekat untuk perpisahan KKN-PAR ini diharapkan menggelar kegiatan dengan mengandeng Qori Internasional seperti Syamsuri Firdaus. 

    Murtalib juga mengaku, kedepan pihaknya akan menjadikan mahasiswa KKN-PAR hari ini (seperti Ketua Posko II Desa Karumbu, Syahrul Ramadhan) akan membina khusus anak-anak yang memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.

    Kegiatan Haflah Al-Qur’an dan Gema Shalawat berjalan dengan khitmah dan dipandu langsung Ustadz Irwan MPdI yang juga Dosen sekaligus pembina Baca Tulis Qur’an IAI Muhammadiyah Bima.

    Dr. Abdul Munir, MPdI sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Posko I Desa Karumbu juga tampil memberikan tausiah dalam acara tersebut. (ZR.09)